Metro Bintan

1 Kursi Dapil Bintim Dimenangkan PKS

Hasil Sengketa Pileg di MK

Anggota DPRD Bintan, Mutaqqin Yaser, Caleg Terpilih setelah putusan MK. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – 1 kursi anggota dewan dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bintan Timur (Bintim) yang diperebutkan antara caleg PDIP, Trijono dan caleg PKS, Mutaqqin Yaser dalam sengketa Pileg di Mahkamah Konstitusi (MK) usai pembacaan putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Selasa (6/8), akhirnya dimenangkan PKS.

Dimana, awalnya PDIP Bintan sebagai pemohon mengajukan gugatan sengketa Pileg ke MK terkait dugaan pengelembungan suara di TPS 36 dan TPS 41 Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Mutaqqin menjelaskan awal gugatan sengketa Pileg karena dalil PDIP menduga ada pengelembungan suara di TPS 36 dan TPS 41.

“Dalil PDIP bahwa di TPS 36, suara PKS 5, namun tertulis di form C1 kita 8 suara PKS. Kemudian di TPS 41, dalil PDIP bahwa suara PKS 0, namun form CI di PKS bahwa suara PKS 8 suara,” jelasnya.

Dalam persidangan itu, pihak termohon dalam hal ini KPU Bintan dan pihak terkait PKS.

Dimana, pihak termohon dalam jawabannya mengungkapkan bahwa suara PKS di TPS 36 sekitar 5 suara dan di TPS 41 sekitar 8 suara.

Dari sidang itu, sesuai bukti yang disampaikan baik dari pihak pemohon, termohon dan pihak terkait akhirnya MK memutuskan bahwa suara PKS di TPS 36 sekitar 5 suara dan di TPS 41 sekitar 8 suara.

“Selisih 3 suara dari data kita, dimana kalau sesuai data kita bahwa di TPS 36 sekitar 8 suara,” kata dia.

Dengan putusan itu, suara PKS awalnya sekitar 1.648 suara karena ada pengurangan 3 menjadi 1.645 suara. Sedangkan PDIP tetap 1.639 suara.

“Sebenarnya sejak awal kami sudah punya keyakinan akan menang. Namun, saat itu apapun putusan MK, apakah itu memenagkan kita atau tidak, tetap kami patuhi,” kata dia.

Atas kemenangan ini, dia menyampaikan bahwa ini kemenangan jamaah dari PKS bukan kemenangan personal.

“Ini bukan nikmat tapi amanah dan beban yang harus dijaga dan dibuktikan dengan kerja nyata ke masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bintan Rusdel mengatakan, pihaknya masih menunggu surat dari KPU. Setelahnya, pihaknya akan mengagendakan rapat penetapan caleg terpilih untuk DPRD Bintan. (met)