Metro Bintan

DKPP Bintan Identifikasi Kambing Berpenyakit

Warga Diimbau Beli Hewan Kurban Layak dan Sehat

Kasi Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Bintan, drh Iwan Beri Prima. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan mengidentifikasi sekitar 40-an kambing mengidap penyakit flu, sakit mata dan penyakit kulit.

Identifikasi kambing berpenyakit ini ditemukan di sejumlah peternakan diantaranya di Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan Timur, Teluk Sebong, Gunung Kijang, Bintan Pesisir, Teluk Bintan dan Toapaya serta Bintan Utara.

Kasi Kesehatan Hewan DKPP Kabupaten Bintan, drh Iwan Beri Prima mengatakan, hewan kambing terserang penyakit flu, penyakit sakit mata dan kulit. Namun demikian, hewan kambing tersebut masih layak untuk hewan kurban.

“Ada beberapa yang sudah diobati, karena perkiraan kita sembuh,” kata dia.

Dia mengatakan, hewan kambing yang berpenyakit ini didatangkan dari luar Bintan. Menurutnya, kemungkinan karena menempuh jalur transportasi laut dengan jarak yang lumayan jauh membuat hewan kambing mengalami sakit mata, flu dan penyakit kulit.

Kendati layak dijadikan stok hewan kurban, namun dia mengimbau masyarakat membeli hewan kurban yang sudah diperiksa kesehatan dengan diberi label sehat dan layak.

Untuk memastikan hewan kurban yang dikurbankan pada saat Hari Raya Idul Adha, dia mengatakan, akan ada petugas kesehatan hewan yang berkeliling ke tempat penyembelihan hewan kurban di Bintan.

“Pada hari H nanti kita akan dibantu dokter hewan dari PDHI cabang Kepri untuk melakukan pengawasan baik antemortem dan postmortem,” tutupnya. (met)