Metro Bintan

KPU Bintan Tetapkan 25 Calon Anggota Dewan Terpilih, 11 Wajah Baru

KPU Bintan bersama Bawaslu serta perwakilan partai politik foto bersama usai rapat pleno penetapan calon terpilih DPRD Bintan di Hotel Aston, Tanjungpinang pada Sabtu (10/8). F.KPU Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan telah merampungkan rapat pelno penetapan calon terpilih anggota DPRD Bintan hasil Pemilu 2019.

Rapat pleno dilaksanakan di Hotel Aston, Tanjungpinang pada Sabtu (10/8).

Loading...

Dalam rapat pleno itu, dari 25 anggota DPRD Kabupaten Bintan yang ditetapkan, ada sekitar 11 wajah baru.

Seperti di Daerah Pemilihan (Dapil) I Bintan, wajah baru satu-satunya ialah Suhardi dari Partai NasDem dengan perolehan suara sekitar 491 suara.

Sedangkan 8 kursi lainnya masih diraih anggota DPRD Bintan wajah lama.

Berdasarkan urutan suara tertinggi Dapil 1 Bintan diraih Muhammad Yatir dari Partai Demokrat dengan perolehan suara sekitar 3.612 suara.

Lalu Agus Wibowo dari Partai Demokrat dengan perolehan 2.987 suara dan Nesar Ahmad dari Partai Golkar dengan perolehan suara 2.946 suara.

Fiven Sumanti dari Partai Golkar dengan perolehan suara 1.564 suara dan Zulkifli dari Partai Demokrat dengan perolehan 1.528 suara.

Eddy Tiawarman dari Partai PAN dengan perolehan suara 1.409 suara dan Siti Maryani dari PDI Perjuangan dengan perolehan suara 992 suara. Dan Sahak dari Partai PKS dengan perolehan suara 862 suara. Terakhir Suhardi dari Partai NasDem.

Dapil 2 Bintan meliputi Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang dan Tamelan, semua kursi diisi wajah baru. Yakni urutan suara tertinggi diraih Muhammad Najib dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 1.881 suara. Urutan kedua Arwan dari Partai Golkar dengan perolehan suara 1.222 suara dan urutan ketiga Agus Hartanto dari Partai NasDem dengan perolehan suara 1.056 suara.

Dapil 3 Bintan meliputi Kecamatan Bintan Timur, dari 7 kursi ada 4 wajah baru yakni Sri Wahyuni dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 1.629 suara, Tarmizi dari Partai Hanura dengan perolehan suara 1.085 suara, Aisyah dari Partai Golkar dengan perolehan suara 1.043 suara dan Yanti Maryanti dari Partai NasDem dengan perolehan suara 889 suara.

Sedangkan 3 kursi diisi wajah lama yakni Hasriawady dari Partai Golkar dengan perolehan suara 1.798 suara dan Zulfaefi dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 1.633 suara serta Muttaqin dari Partai PKS dengan perolehan suara 944 suara.

Kemudian Dapil Bintan 4 meliputi Kecamatan Bintan Utara dan Seri Kuala Lobam, dari 6 kursi ada 3 wajah baru. Yakni Eriyanti dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 2.612 suara, Mirwan dari Partai NasDem dengan perolehan suara 722 suara dan Zakirman dari Partai PKS dengan perolehan suara 685 suara.

Sedangkan wajah lama dari Dapil 4 Bintan yakni Indra Setiawan dari Partai PDIP dengan perolehan suara 2.185 suara, Bani Suparti dari Partai Demokrat dengan perolehan suara 1.448 suara dan Suardi dari Partai Golkar dengan perolehan suara 519 suara.

Ketua KPU Bintan, Ervina Sari mengatakan penetapan ini dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perkara sengketa pemilihan umum kemarin. Dimana di Bintan terdapat dua gugatan sengketa Pemilu.

Setelah penetapan ini, lanjutnya, KPU Bintan akan menyiapkan berkas administrasi selanjutnya menyurati Gubernur Kepulauan Riau melalui Bupati Bintan.

“Kapan jadwal pelantikan akan menyesuaikan masa berakhirnya anggota dewan sebelumnya. Dan ini menjadi ranahnya Sekretariat Dewan,” kata dia singkat.

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay juga mengatakan bahwa setelah ditetapkan caleg terpilih dalam rapat pleno, selanjutnya nama-nama terpilih akan disampaikan ke gubernur melalui bupati untuk usulan pelantikan.

Hadir dalam pleno tersebut, komisioner KPU Bintan, Bawaslu Bintan, Polres Bintan, Kejari Bintan, Setwan Bintan dan Kabag Pemerintahan Setdakab Bintan dan perwakilan partai politik. (met)

Loading...