Hukum-Kriminal

Kebakaran Lahan Kembali Terjadi di Bintan, Sehari Dua Titik Kebakaran di Toapaya

Petugas Damkar UPT Toapaya berusaha memadamkan api di lokasi kebakaran lahan belakang Hotel Miami, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya, Senin (12/8). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) kembali terjadi di Kabupaten Bintan.

Senin (12/8) kebakaran terjadi di dua lokasi berdekatan di Kecamatan Toapaya, Bintan.

Loading...

Awalnya si jago merah mengamuk di lahan belakang Hotel Miami, Desa Toapaya Selatan, Kecamatan Toapaya tepatnya di RT 15 RW 04 jalan raya Tanjunguban Lama.

Kepala UPT Damkar Toapaya membawahi Kecamatan Toapaya, Teluk Bintan dan Gunung Kijang, Nurwendi mengatakan, pihaknya menerima informasi sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian armada Damkar bergerak ke lokasi kebakaran di belakang Hotel Miami.

Upaya pemadaman dibantu oleh Polres Bintan dengan mengerahkan mobil water canon.

Namun, saat upaya pemadaman api di belakang Hotel Miami, tiba-tiba lahan di dekat perumnas Kilometer 19 terbakar.

“Kebakaran lahan juga terjadi di lahan dekat perumnas sekitar pukul 15.00 WIB, namun sudah berhasil dipadamkan,” kata dia.

Dikarenakan api di lokasi kebakaran belakang Hotel Miami makin membesar, dia mengatakan, pihaknya dibantu mobil Water Canon Polres Bintan kembali lagi ke lokasi kebakaran di belakang Hotel Miami.

“Sampai sekarang (sekitar pukul 17.00 WIB) api belum berhasil dipadamkan, di lokasi sudah ada Pak Kapolsek dan Pak Kadis,” katanya.

“Hari ini saja sudah dua,” kata dia.

Banyaknya kebakaran yang nyaris terjadi setiap hari, dia mengimbau agar masyarakat tidak membuka lahan dengan membakar.

“Kalau dari kasus – kasus kebakaran, rata-rata sengaja dibakar seperti kebakaran di belakang Hotel Miami,” kata dia meminta warga tidak membuka lahan dengan dibakar. (met)

Loading...