Peristiwa

Hadapi Kebakaran Lahan, Harus Ada Inovasi

Sekda : Tugas Semua Komponen Masyarakat

Sekda Bintan, Adi Prihantara. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Dengan keterbatasan armada dan personel di UPT Damkar, Sektetaris Daerah Bintan Adi Prihantara berharap lahir inovasi dan kreativitas untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bintan.

Kreativitas dan inovasi misalkan menurut dia, memanfaatkan pikap dengan mesin penyedot air.

“Armada sudah usang, sehingga perlu inovasi dan kreativitas misalkan pikap ada mesin robin (penyedot air). Kalau ada kebakaran bisa cepat tanggap dan diselesaikan,” menurutnya ditemui di DPRD Bintan, Bintan Buyu, Selasa (13/8).

Dia mengatakan, penanganan kebakaran tidak semata-mata di tangan petugas Damkar namun semua komponen termasuk masyarakat.

Dari sejumlah kasus kebakaran selama ini, rata-rata kebakaran hutan dan lahan disebabkan ulah orang tidak bertanggungjawab yang membuka lahan dan membiarkan lahan dalam kondisi terbakar.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan menggelar rapat bersama seluruh komponen pada Tim Satgas Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Polres Bintan.

“Kita selama ini dibantu Polres Bintan dan kita sudah ada Satgas Penanggulangan Karhutla. Diharapkan melalui rapat ini bisa meningkatkan komunikasi yang intensi dan ada inovasi dan kreativitas mengatasi kejadian ini,” katanya. (met)