Pariwisata

Ironman 70.3 Bintan Digelar 25 Agustus

Targetkan 1.200 Peserta

Peserta Ironman 70.3 Bintan tahun 2018 bersemangat saat hendak melalui etape berenang di pantai Lagoi. F.Disbudpar Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN –  Ironman 70.3 Bintan akan kembali digelar di Kabupaten Bintan tepatnya di Kawasan Pariwisata Bintan Resort Lagoi.

Event sport tourism international ini akan dilaksanakan pada 25 Agustus 2019 nanti.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar menyampaikan, hingga saat ini, sudah 882 peserta dari 55 negara telah melakukan pendaftaran. Namun dia percaya jumlah peserta Ironman 70.3 Bintan akan terus bertambah.

“Target kita 1.200 peserta,” ungkapnya.

Dia menyebut, sejumlah atlet mancanegara akan ambil bagian dalam event ini diantaranya Singapura, Indonesia, Australia, Great Britain, Filipina, Japan, India, Prancis, New Zealand, dan Amerika Serikat.

Dari peserta yang mendaftar, rata-rata berusia 40 tahun. Dimana peserta tertua bernama  Garth Barfoot, 83, asal New Zealand.

Ironman 70.3 masih katanya, ialah event yang ditunggu banyak wisatawan.

“Peminatnya sangat banyak. Makanya kita optimis peserta akan membludak,” ujarnya.

Selain Ironman 70.3 Bintan, event sport tourism international lainnya eperti Bintan Triathlon, International Bintan Marathon dan banyak lagi.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, mengatakan Ironman 70.3 semakin mempertegas Bintan sebagai destinasi sport tourism terbaik di Indonesia.

“Bintan adalah tuan rumah buat banyak event sport tourism. Ironman 70.3 hanya satu dari berbagai event yang ada di sana. Yang hebatnya, semua event sport tourism yang digelar di Bintan selalu ramai peserta mancanegara,” kata Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Sedangkan Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty membenarkan jika Ironman 70.3 selalu dibanjiri peserta.

“Yang bisa menjadi gambaran adalah jumlah peserta tahun 2018. Total peserta adalah 1.245. Terdiri dari 225 peserta wanita,” katanya.

Jumlah ini meningkat 19 persen dibanding 2017. Sedangkan jumlah peserta pria menyentuh angka 1020 orang. Atau naik hingga 81persen dibandingkan 2017.

“Ini membuktikan jika event ini sangat diminati,” jelas Esthy.

Menariknya, muka-muka lama masih mendominasi peserta Ironman 70.3 Bintan 2019. Karena, 34 persen peserta yang sudah melakukan registrasi adalah peserta tahun lalu. Sedangkan peserta lain mengaku mengetahui event ini melalui Email, mesin pencarian atau Google, media sosial seperti Facebook dan Instagram, serta dari rekan satu tim.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan jika salah satu hal yang terpenting untuk mendatangkan wisatawan atau peserta mancanegara ke event sport tourism adalah promosi.

“Dalam sport tourism, hal terpenting jelas prize. Atau hadiah. Tapi hal itu juga tidak ada artinya jika promosi tidak dilakukan dengan benar. Atau tidak tepat sasaran. Bintan sudah mengetahui strategi itu. Sebagai border area, Bintan menyasar peserta asal Singapura dan Malaysia. Apalagi di sana banyak ekspatriat. Ini yang membuat event mereka selalu ramai,” paparnya. (met)