Peristiwa

Pasca apel Penanggulangan Karhutla, Kebakaran Terjadi Lagi di Bintan

Kebakaran hutan dan lahan di Kangboy, Kecamatan Teluk Bintan, Kamis (15/8) malam. F.Damkar Toapaya untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Pasca apel penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang digelar di lapangan Sepakbola Demang Lebar Daun Kijang, Kecamatan Bintan Timur, kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Bintan makin meluas.

Kamis (15/8) sekitar pukul 15.00 WIB, dilaporkan telah terjadi kebakaran hutan dan lahan di dekat Kompleks Perkantoran Bupati Bintan, tepatnya di Bintan Enau, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan.

Pada hari yang sama dilaporkan kebakaran kembali terjadi di hutan dan lahan di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang sekitar pukul 16.30 WIB.

Kemudian pada malam hari sekitar pukul 20.00 WIB, kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kangboy, Kecamatan Teluk Bintan.

Kepala UPT Damkar Toapaya membawahi Kecamatan Gunung Kijang, Teluk Bintan dan Toapaya, Nurwendi membenarkan tiga lokasi titik terbakar di wilayah kerjanya dalam sehari.

Tiga titik kebakaran itu, ia menyebutkan, di Bintan Buyu, Galang Batang dan Kangboy.

“Pada malam itu sebenarnya ada 1 lokasi baru, namun di lokasi yang sama di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang. Sebenarnya 1 titik di Bintan Buyu, 1 titik di Kangboi dan 2 titik di Galang Batang,” katanya.

Dalam memadamkan api, pihak UPTD Damkar Toapaya dibantu personel dari Polres Bintan yang mengerahkan kendaraan water canon. Namun kendala di lapangan kendaraan tersebut tidak memiliki selang air sehingga sulit menjangkau lokasi kebakaran yang tidak ada akses jalannya.

“Tak ada akses jalan sehingga sulit dilalui kendaraan,” kata dia. (met)