Metro Bintan

Demokrat Ajukan Tiga Nama Calon Ketua DPRD Bintan

Ketua DPD Partai Demokrat Kepri, Apri Sujadi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Sebagai partai pemenang pemilihan umum (Pemilu) serentak 2019, Partai Demokrat memiliki jatah untuk menduduki kursi Ketua DPRD Kabupaten Bintan.

Ketua DPD Partai Demokrat Kepulauan Riau, Apri Sujadi menyampaikan, bahwa pihaknya telah mengusulkan tiga nama calon ketua DPRD Bintan ke DPP Partai Demokrat.

“Calon ada tiga,” katanya.

Pertama dia menyebut Ketua DPC Partai Demokrat Bintan, Zulkifli. Kedua ialah mantan pimpinan DPRD Kabupaten Bintan, Agus Wibowo dan ketiga Daeng M Yater, sebagai peroleh suara terbanyak di Pileg tahun 2019.

Dikatakannya, DPC Partai Demokrat sudah mengusulkan ke DPD dan DPD sudah mengirimkan ke DPP, selanjutnya tergantung DPP yang menentukan.

“Kami hanya menjalankan perintah saja apa yang telah disampaikan tiga nama tersebut,” katanya.

“Dari tiga nama yang diusulkan, DPD akan memilih satu diantaranya,” katanya.

Setelah ada namanya, selanjutnya DPP akan menyurati ke DPD. DPD katanya, akan menyampaikan ke DPC untuk ditindaklanjuti.

“Mekanismenya seperti itu, tinggal diikuti. Kalau tanya bocoran siapa yang akan dipilih, saya tidak tahu karena bukan saya yang menentukan,” katanya.

Belum lama ini, KPU Kabupaten Bintan telah menetapkan 25 calon anggota DPRD Bintan terpilih, 11 diantaranya wajah baru.

Untuk dapil 1 meliputi Kecamatan Toapaya, Gunung Kijang, Teluk Bintan dan Teluk Bintan ada 9 kursi yakni. Partai Demokrat meraih 3 kursi untuk Agus Wibowo, Daemg Muhammad Yater serta Zulkifli. Sedangkan Partai Golkar meraih 2 kursi yakni Nesar Ahmad dan Fiven Sumanti serta PDI-P mendapat 1 kursi yang diraih Siti Maryani.

PAN mendapat 1 kursi yaknu Eddy Tiawarman termasuk PKS juga meraih 1 kursi yakni Sahak sedangkan 1 kursi lagi diisi wajah baru dari Partai NasDem yakni Suhardi.

Sementara di dapil 2 meliputi Kecamatan Bintan Pesisir, Mantang dan Tambelan yakni 3 Golkar yakni Arwan, Demokrat Muhamad Najib dan NasDem yakni Agus Hartanto.

Di dapil 3 Bintan Timur dari 7 kursi 4 diantaranya wajah baru. Golkar meraih 2 kursi yakni Hasriawady dan Aisyah, sementara 2 Demokrat mendapat 2 kursi yakni Zulfaefi dan Sri Wahyuni. NasDem 1 kursi yakni Yanti Maryanti dan PKS mendapat 1 kursi yakni  Muttaqin Yaser serta Hanura mendapat 1 kursi yakni Tarmizi.

Untuk dapil 4 meliputi Kecamatan Bintan Utara dan Seri Koala Lobam dari 6 alokasi kursi 3 wajah baru. Demokrat meraih 2 kursi yakni Erianti dan Bani Suparti, PDI P 1 kursi yakni Indra Setiawan, PKS 1 kursi yakni Zakirman, dan Golkar 1 kursi yakni Suardi serta NasDem 1 kursi yakni Mirwan. (met)