Peristiwa

Polres Bintan Amankan Tiga Pembakar Lahan dan Hutan

Pelaku pembakaran hutan dan lahan di kebun yang terletak di Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu (21/8). F.Reskrim Polres Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Kepolisian Resor (Polres) Bintan mengamankan tiga pelaku pembakar hutan dan lahan di dua lokasi berbeda di wilayah hukum Polres Bintan.

Dua orang pelaku masing-masing bernama Irinus Arison, 44, dan Mateus Buga, 36, diamankan di Kampung Lome, RT 07 RW 04, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, jalan raya Tanjunguban Tanjungpinang pada Rabu (21/8) sekitar pukul 18.43 WIB.

Sedangkan 1 tersangka lainnya bernama Hilarius Bernusa Kroon, 33 diamankan di RT 04 RW 06 kebun yang terletak di Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam pada Rabu (21/8) sekitar pukul 20.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Bintan, AKP Yudha Surya Wardhana menyampaikan untuk kebakaran di TKP Kampung Lome, pihaknya awalnya menerima informasi dari petugas Damkar Toapaya bahwa telah diamankan dua pelaku pembakaran hutan dan lahan.

Selanjutnya keduanya dibawa ke kantor Polsek Gunung Kijang.

“Lahan yang terbakar sekitar 1 hektare,” kata dia.

Dari kejadian ini, pihaknya mengamankan 2 bilah parang dan 1 korek api gas warna kuning.

Sedangkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kebun yang terletak di Kelurahan Teluk Lobam, diamankan seorang pelaku.

Pelaku membakar lahan di kebun sekitar pukul 18.30 WIB, kemudian berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.30 WIB.

“Kita amankan sekitar pukul 20.00 WIB,” kata dia.

Dari kejadian ini, pihaknya mengamankan pelaku ke Polsek Bintan Utara.

Selain itu, turut diamankan barang bukti berupa 1 botol minyak tanah, 1 buah mancis gas, ranting kayu sebagai media bakar. (met)