Metro Bintan

Tahapan Pilkada Dimulai September

Biaya Pilkada Tidak Dialokasikan di APBDP 2019

Komisioner KPU Bintan, Haris Daulay. F.KPU Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Pemkab Bintan tidak mengalokasikan biaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan serentak tahun 2020 mendatang dalam APBD Perubahan 2019.

Padahal, dalam PKPU terbaru yang baru saja terbit bahwa tahapan Pilkada serentak sudah dimulai sejak September 2019.

Hal ini disebabkan PKPU terbaru terbit setelah pengesahan APBD-P Bintan tahun 2019. Komisioner KPU Kabupaten Bintan, Haris Daulay menyampaikan dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tahapan Pilkada serentak yang akan dilaksanakan tahun 2020 dimulai sejak September tahun ini. Sementara APBD Perubahan sudah disahkan belum lama ini.

Dikatakannya juga bahwa tanggal 1 Oktober 2019 ini pihaknya sudah harus menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD). Baru setelah itu dilakukan sosialisasi yang berhubungan dengan pilkada.

“Tim perencanaan dan anggaran besok akan konsultasi terkait mekanisme anggaran perencanaan dan sosialisasi 2020, dengan menggunakan metode revisi anggaran 2019,” jelasnya ditemui di Kantor KPU Bintan, Kamis (22/8) siang.

Dia juga menyampaikan, untuk Pilkada di Kabupaten Bintan dibutuhkan biaya yang besar. KPU Bintan, kata dia, telah mengajukan ke Pemda terkait biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 14,7 miliar.

“Anggaran itu disiapkan untuk 4 slot calon. 3 calon dari partai dan 1 calon dari independen,” kata dia.

Sementara Sekda Bintan, Adi Prihantara menyampaikan, meski APBD P tahun 2019 sudah disahkan, namun pihaknya berencana memasukkan anggaran untuk tahapan Pilkada Bintan yang dimulai September ini.

“Kan ada waktu revisi dari provinsi. Di situ nanti akan kita masukkan,” ujarnya singkat.

Dikatakannya bahwa PKPU terkait pelaksanaan Pilkada baru terbit setelah pengesahan APBD Perubahan 2019.

Akan tetapi dia menegaskan, pihaknya siap menganggarkan kebutuhan biaya pelaksanaan Pilkada sejak tahun ini.

“Kita akan segera berkoordinasi dengan KPU agar segala kebutuhan bisa dialokasikan tahun ini juga.

Kalau memang dibutuhkan,” tutupnya.(met)