Kabar Pemkab

Ironman 70.3 Bintan di Lagoi Diikuti 1.200 Peserta dari 58 Negara

Bupati Bintan, Apri Sujadi saat melepas peserta Ironman 70.3 Bintan tahun 2019 di Pantai Lagoi Bay Kabupaten Bintan, Minggu (25/8) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi bersama Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam melepas secara resmi event Ironman 70.3 Bintan 2019 di Pantai Lagoi Bay Kabupaten Bintan, Minggu (25/8) pagi.

Hadir dalam pelepasan event itu manajemen PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) diantaranya GGM PT BRC Abdul Wahab dan GM Finance and Admin PT BRC Hebron Habeahan dan GM Operations PT BRC Prakash Nair dan Kadisbudpar Bintan Wan Rudi Iskandar.

Event Ironman 70.3 Bintan 2019 tahun ini, diikuti sekitar 1.044 peserta dari 58 negara. Event Ironman 70.3 juga  menjadi salah satu sport tourism yang digelar di Kabupaten Bintan. Berbagai ajang sport tourism yang digelar di Bintan selalu laris dibanjiri sejumlah wisatawan asing sebut saja Tour de Bintan, Bintan Triathlon dan juga Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan bahwa saat ini angka kunjungan wisatawan asing ke Bintan semakin meningkat.

Menurutnya kunjungan wisatawan asing ke Bintan pada  tahun 2018 saja bahkan mencapai 1.500.000 jiwa.

“Beberapa event sport tourism ini memang menjadi daya tarik bagi Kabupaten Bintan untuk  mendatangkan wisatawan sehingga 60 persen PAD Kabupaten Bintan berasal dari sektor pariwisata,” ujarnya.

Kadisbudpar Bintan, Wan Rudy Iskandar menyampaikan bahwa event Ironman 70.3 Bintan merupakan salah satu event yang dihelat untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke Bintan.

Dari event Ironman 70.3 Bintan, ia menyebut, jumlah atlet lebih dari 1.200 orang. Sedangkan jumlah wisatawan mencapai lebih dari sekitar 4.000 orang.

“Saat ini jumlah kamar di Lagoi penuh,” katanya.

Selain Ironman 70.3 Bintan, dia mengatakan, September nanti akan ada event lainnya yang digelar PT BRC bekerjasama dengan Kemenpar RI dan Disbudpar Bintan diantaranya Mandiri International Bintan Marathon.

Sebelumnya perhelatan Ironman 70.3 dimulai dengan kegiatan lari marathon oleh 320 anak dari 40 negara yang juga ikut unjuk kebolehan di kelas Ironkids, Sabtu (24/8). Ironkids diselenggarakan untuk kategori anak-anak dengan menempuh jarak hanya 1,5 km dimana  wisatawan asing beserta anak-anaknya dapat ikut untuk bersenang-senang sambil berolahraga di Bintan. (met)