Peristiwa

Hanguskan 10 Ha Lahan, Warga Lobam Ditahan

Seorang warga Lobam diamankan karena membakar lahan di Kampung Beringin, RT 02 RW 05 Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Sabtu (24/8) sekitar pukul 17.00 WIB. F.Polsek Bintan Utara untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Gara-gara membakar lahan, seorang warga Desa Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam bernama Hasanudin Siregar alias Kris, 52, terpaksa berurusan dengan kepolisian.

Dia ditahan karena membakar lahan di Kampung Beringin, RT 02 RW 05 Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Sabtu (24/8) sekitar pukul 17.00 WIB.

Informasi yang berhasil didapatkan bahwa saat itu kepala desa setempat melaporkan kebakaran lahan di lokasi kejadian.

Kebakaran itu menyebabkan lahan yang dimiliki beberapa orang berbeda ludes terbakar.

“Saat kita turun ke lokasi, semak-semak dan pepohonan di lahan tersebut sudah terbakar, luasnya lahan yang terdapat titik api sekitar 10 hektare,” kata Kapolsek Bintan Utara, Kompol Arbaridi Jumhur, Senin (26/8) siang.

Saat itu pihaknya langsung berkoordinasi dengan UPT Damkar Bintan Utara untuk memadamkan api.

“Warga juga ikut turun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan api,” kata dia.

Hanya saat itu, kendala di lapangan mobil damkar tidak bisa masuk ke lokasi kebakaran. Sehingga pemadaman dilakukan dengan bantuan mesin pemadaman ringan.

Dia juga mengatakan, setelah dilakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) diketahui bahwa sumber api diduga berasal dari lahan milik pelaku. Kemudian api menjalar ke lahan milik warga lainnya.

“Dia membakar tumpukan (sampah) di lahannya. Habis membersihkan lahan,” kata dia.

Untuk saat ini, pelaku telah diserahkan ke Satuan Reskrim Kepolisian Resor Bintan untuk ditangani.

Atas perbuatan ini, dia menjelaskan, pelaku dijerat pasal 108 junto pasal 69 undang-undang RI Nomor 32 tahun 2019 Tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup atau Pasal 187 KUHPidana. (met)