Metro Bintan

Puluhan Anak Polisi Terima KIA dan Akta Kelahiran

Ketua Cabang Bhayangkari Bintan, Leny Boy Herlambang menyerahkan Akta Kelahiran ke warga Bintan di Ruang Bhayangkari Kepolisian Resor Bintan di Bandar Seri Bentan, Bentan Buyu, Senin (26/8) sekitar 09.45 WIB. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Puluhan anak anggota polisi dan anak warga kurang mampu menerima Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran di Ruang Bhayangkari Kepolisian Resor Bintan di Bandar Seri Bentan, Bentan Buyu, Senin (26/8) sekitar 09.45 WIB.

Penyerahan KIA dan Akta Kelahiran dalam rangka Hari Gerakan Kesatuan Bhayangkari (HKGB) ke 67 tahun 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Cabang Bhayangkari Polres Bintan, Leny Boy Herlambang dan dihadiri oleh Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, Kabid Capil Disdukcapil Bintan, Hanafi dan pengurus serta anggota Bhayangkari Cabang Bintan maupun warga Bintan.

Ketua Cabang Bhayangkari Bintan, Leny Boy Herlambang menyampaikan, KIA maupun Akta Kelahiran merupakan dokumen yang sangat penting.

Salah satunya digunakan sebagai syarat anak masuk sekolah.

Kali ini, dia menyebut, ada 50 orang anak yang menerima KIA. Sedangkan 65 orang anak menerima Akta Kelahiran terdiri dari anak anggota polisi dan warga dari kalangan kurang mampu.

Dia juga berterimakasih kepada Disdukcapil Bintan yang memfasilitasi membuat Akte Kelahiran.

Kabid Capil Disdukcapil Bintan Hanafi mengapresiasi Polres Bintan yang telah membantu Disdukcapil Bintan dalam meningkatkan cakupan Akte Kelahiran masyarakat di Bintan.

Terlebih menurut dia, KIA sangat penting, karena ibarat pengganti KTP khusus bagi anak.

“Sekarang pengurusan Akte Kelahiran sangatlah komplek, karena harus masuknya orang tua ke dalam data base Disdukcapil,” kata dia.

Dia menjelaskan, #asar pembuatan akte adalah buku nikah ataupun akte pernikahan serta KK dan KTP orang tua khusus Bintan.

“Negara wajib melayani masyarakat terkait status hukum warga negara,” ujarnya.

Kegiatan ditutup penyerahan KIA sebanyak 50 anak, dan Akte Kelahiran sebanyak 65 orang yang diserahkan langsung oleh Kapolres Bintan bersama Ketua Cabang Bhayangkari Polres Bintan, Kabid Capil Disdukcapil Bintan ke 9 orang perwakilan masyarakat. (met)