Metro Bintan

Puluhan Timbangan Pedagang Pasar Baru Tanjunguban Ditera Ulang

Petugas UPTD Metrologi  saat melakukan sidang tera ulang timbangan pedagang di Pasar Baru, Tanjunguban, Selasa (27/8) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi pada Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan melaksanakan sidang tera ulang terhadap alat ukur timbangan pedagang di Pasar Baru, Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara pada Selasa (27/8) pagi.

Kepala UPTD Metrologi Lukmannulhakim Putra menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk melakukan tera ulang timbangan pedagang sehingga pengukuran timbangan sesuai dengan standar.

“Target kita memang timbangan di pasar. Setelah ditera, evaluasinya akan kita sampaikan ke dinas,” kata dia.

Dalam melakukan tera ulang, dia menjelaskan, awalnya didata timbangan pedagang. Kemudian dicatat kapasitas nomor seri dan pemilik untuk dilakukan pengujian.

“Kalau misalkan diuji bagus, langsung disegel. Kalau tidak cocok saat ditera, maka akan diperbaiki. Perbaikan bisa dilakukan pedagang sendiri,” kata dia.

Saat dilakukan tera ulang, ditemukan timbangan milik pedagang yang tidak cocok ukurannya atau jarumnya kurang tepat menunjukkan ukurannya. Petugas langsung menyarankan untuk diperbaiki.

Petugas UPTD Metrologi  saat melakukan sidang tera ulang timbangan pedagang di Pasar Baru, Tanjunguban, Selasa (27/8) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

“Ada puluhan timbangan yang ditera ulang. Kemudian timbangan yang diperbaiki sekitar 10 sampai 20 unit,” katanya.

Sementara itu, Kadis Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bintan, Dian Nusa menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan tahunan agar alat ukur timbangan sesuai standar.

“Tujuannya supaya konsumen tidak dirugikan,” jelasnya.

Kegiatan ini, dia mengatakan, sidang tera ulang akan dilaksanakan di 4 tempat.

Kali ini, di Pasar Baru Tanjunguban. Kamis (29/8) nanti, petugas akan melakukan sidang tera ulang di Pasar Baru Kawal.

“3 dan 5 September nanti di Pasar Barek Motor Kijang dan Pasar Inpres Kijang,” kata dia. (met)