Metro Bintan

Tata Ruang Sekitar KEK Galang Batang Disusun

Sekda Bintan, Adi Prihantara saat menghadiri konsultasi publik terkait penyusunan materi teknis rencana rinci tata ruang di sekitar KEK Galang Batang di Bhadra Resort, Selasa (3/9). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Pemerintah Kabupaten Bintan bersama Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN melaksanakan konsultasi publik terkait penyusunan materi teknis rencana rinci tata ruang di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang.

Kegiatan dilaksanakan di Bhadra Resort, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang pada Selasa (3/9) pagi. Konsultasi publik ini dihadiri seluruh perwakilan tokoh masyarakat, para kepala desa di Kecamatan Toapaya dan Kecamatan Gunung Kijang serta dihadiri perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik di tingkat Kabupaten Bintan maupun di tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bintan, Adi Prihantara menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas bantuan Pemerintah Pusat dalam memfasilitasi penyusunan rencana rinci tata ruang di Kabupaten Bintan.

Dia berharap masyarakat yang hadir bisa memberikan pemikiran dan masukan untuk penyempurnaan konsep rencana tata ruang yang sedang disusun ini.

Betapa tidak, menurut dia, pertumbuhan kawasan tentu akan lebih mudah dikendalikan jika sudah ada ketentuan perencanaan pemanfaatan dan pengendaliannya.

Saat ini dikatakannya, penyusunan rencana rinci tata ruang di sekitar KEK Galang Batang sudah melalui berbagai proses, mulai dari penyepakatan delineasi, survei lapangan dan instansional, asistensi peta, hingga saat ini dilakukan penjaringan masukan melalui konsultasi publik.

Sementars itu,  Resti Lengkong dari Direktorat Jendral Kementrian Agraria dan Tata Ruang/ BPN mengatakan konsultasi publik yang pertama ini berfokus pada finalisasi konsep rencana pola ruang dan struktur ruang yang ditawarkan.

Penyempurnaan konsep melalui partisipasi masyarakat ini diharapkan dapat mengurangi potensi seringnya revisi dokumen rencana dan memastikan rencana tata ruang yang disusun benar-benar menjadi panduan pembangunan di Kabupaten Bintan.

Perencanaan rinci tata ruang menjadi penting agar dinamika KEK Galang Batang  yang berbasis industri pengolahan  bauksit  ini turut memacu perkembangan kawasan di sekitarnya dengan tetap memperhatikan aspek keberlanjutan dan kearifan lokal. (met)