Kabar Pemkab

PT MIPI Ekspor Perdana 12 Kontainer Berisi Kayu Olahan ke Amerika

CEO PT MIPI, Edi Jafar dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam memotong pita tanda dimulainya ekspor perdana perusahaan tersebut di pelabuhan bongkar muat Sri Kolak Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Jumat (6/9) pagi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – PT Mangrove Industry Park Indonesia (MIPI), perusahaan bergerak di bidang ekspor impor melakukan ekspor perdana berupa 12 kontainer berisikan kayu olahan ke Amerika.

Ekspor perdana perusahaan kepemilikan asing Tiongkok ini dilakukan di pelabuhan bongkar muat Sri Kolak Kijang, Kecamatan Bintan Timur pada Jumat (6/9) pagi.



CEO PT MITI, Edi Jafar menyampaikan, perusahaan yang baru berdiri beberapa bulan ini memiliki kegiatan utama di bidang ekspor impor.

“Pasar kita luar negeri¬† Amerika dan Kanada, namun beberapa tahun akan datang, kita akan masuk ke pasar lokal,” katanya.

Dia menjelaskan, perusahaannya mengolah bahan setengah jadi yang diimpor dari Tiongkok dan pasar domestik diantaranya Semarang. Kemudian diolah menjadi bahan jadi untuk kemudian diekspor ke luar negeri.

“Yang kita ekspor kali ini kayu. Jadi kayu-kayu dari Semarang,¬† termasuk dari Tiongkok namun bukan kayu asli Tiongkok melainkan Rusia diolah dan selanjutnya diekspor kembali ke Amerika. Penggunaanya semacam partisi (untuk keperluan perkantoran),” kata dia.

Dia juga menjelaskan, bahwa perusahaannya menawarkan jasa logistik ekspor impor murah dan terjangkau.

“Di Singapura biaya ekspor bisa belasan ribu dollar USD (dollar Amerika), dengan kami bisa berkisar 2.500 USD,” jelas dia.

Ke depan, perusahannya akan membangun kawasan industri di Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang dengan lahan seluas 500 hektare.

Dia berharap usahanya bisa merekrut ribuan tenaga kerja lokal di Bintan.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam menyampaikan pemerintah mendukung kegiatan ekspor impor dilakukan PT MIPI.

“Kita mendukung kegiatan investasi dengan memberikan kemudahan dalam berinvestasi di Bintan,” kata dia. (met)

Loading...