Metro Bintan

Usai Apel, Propam Polres Bintan Giring Puluhan Anggota Polisi untuk Tes Urine

Anggota Polres Bintan menjalani tes urine secara mendadak seusai apel pagi di halaman markas Polres Bintan, Senin (9/9). F.Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Usai apel pagi di halaman markas Polres Bintan, Senin (9/9), Seksi Propam Polres Bintan langsung mengiring puluhan anggota polisi ke depan halaman apel.

Puluhan anggota polisi mendadak diminta menjalani tes urine untuk mengidentifikasi penyalahgunaan narkotika. Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang dan Wakapolres Bintan Kompol D Putut Wibowo juga ikut menjalani tes urine.



Kepala Seksi Propam Polres Bintan Ipda Sutomo menjelaskan, tes urine ini merupakan instruksi dari Polda Kepri agar jajarannya melaksanakan tes urine secara mendadak terhadap anggota Polri.

“Bukan hanya di Polres Bintan, namun di semua jajaran Polres di bawah Polda Kepri melakukan tes urine terhadap anggota,” kata dia.

Dia mengatakan, tes urine terhadap anggota digelar mendadak. Usai apel pagi, anggota langsung digiring ke depan halaman apel.

“Jumlah personel yang menjalani tes urine sekitar 33 orang. Hasilnya tes urine, semua personel negatif, meski tadi ada yang hasilnya samar-samar, ternyata alatnya rusak,” kata dia.

Sementara Kasatresnarkoba Polres Bintan AKP Nendra Madya Tias mengatakan, dari tes urine yang dikakukan mendadak tidak ada anggota yang positif mengonsumsi narkoba.

“Keseluruhan hasilnya tidak ditemukan anggota yang positif narkoba,” katanya.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang menyampaikan, tes urine ini dilakukan untuk mengantisipasi anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba.

Langkah ini juga dilakukan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba di jajaran Polri.

“Ya tadi saya dan anggota ikut tes urine,” katanya.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Bhabinkamtibmas Desa Toapaya Selatan Brigadir A digerebek karena dicurigai mengunsumsi narkoba di sebuah rumah di Kampung Gesek Km 20 Toapaya.

Dari pengerebekan itu, warga mengamankan barang bukti diduga narkoba jenis sabu. Namun setelah dilakukan tes narkoba, hasilnya menurut pihak kepolisian ialah tawas.

Kendati barang bukti yang dites narkoba bukanlah zat yang mengandung narkoba. Namun hasil tes urine terhadap Brigadir A menyatakan positif narkoba. Hingga kini Brigadir A masih diperiksa di Seksi Propam Polres Bintan. (met)

Loading...