Hukum-Kriminal

Warga Batam Datang ke Bintan Cuma untuk Bobol Rumah

Pelaku pembobol rumah di Tanjunguban, Wawan alias Doan, 27 ketika diamankan di rumahnya, Batam pada akhir Agustus 2019 lalu. F.Polsek Bintan Utara untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Jajaran Kepolisian Bintan dan Barelang berhasil meringkus seorang pembobol rumah, Wawan alias Doan, 27, di Batam pada Sabtu (31/8).

Warga Sei Beduk, Batam ini merupakan residivis kasus curat yang baru bebas dari sel tahanan.



Dari kejahatannya, polisi mengamankan barang bukti berupa 1 unit handphone merek samsung, 1 speaker merek JBL, tas sandang berisikan pakaian bayi.

Dalam melakukan aksinya, pelaku dibantu rekannya, AG, hingga kini masih buron. Pelaku dan AG sengaja datang ke Tanjunguban, Bintan untuk membobol rumah warga.

Sebelum beraksi, pelaku dan AG biasanya mengintai rumah yang akan dijadikan mangsanya.

Bila situasi di sekitar rumah aman, keduanya akan membobol rumah mangsanya dan mengambil barang-barang berharga di dalam rumah tersebut.

Kapolsek Bintan Utara Kompol Arbaridi Jumhur menyampaikan, pelaku diamankan berkat kerja sama polisi Bintan dan Batam. Hanya disayangkan rekan pelaku inisial AG, kabur.

Dikatakannya pelaku merupakan warga Batam. Pada tahun 2017, dia diamankan karena kasus pencurian dan pemberatan di sejumlah rumah di Bintan.

Setelah bebas dari penjara, pelaku kembali melakukan kejahatan dengan membobol rumah warga dan mengambil barangnya.

“Dia sengaja datang ke Bintan untuk membobol rumah warga,” kata dia.

Akibat perbuatan ini, dia mengatakan, sejumlah korban mengalami kerugian dengan total sekitar Rp 18 juta.

Untuk pelaku sendiri dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman kurungan 7 tahun penjara. (met)

Loading...