Peristiwa

Tersangka Sabu 54 Kg yang Disimpan di Pulau Tak Berpenghuni di Bintan Dititipkan di Rutan Tanjungpinang

Tersangka 54 Kg Sabu, Indra dilimpahkan ke Kejari Bintan, Rabu (11/9). F.Kejari Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Tersangka kasus penyalahgunaan narkotika sabu seberat 54 Kilogram (Kg) dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) Tanjungpinang.

Hal ini setelah dilakukan penyerahan pelimpahan tahap II, tersangka sabu 54 Kg, Indra ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan pada Rabu (11/9).

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Bintan, Haryo Nugroho menyampaikan pelimpahan perkara dari Kejaksaan Agung, dimana tangkapan Mabes Polri di wilayah hukum Kabupaten Bintan.

“Sudah kita terima pelimpahan perkara Tahap II, seorang tersangka dan barang bukti dari Mabes Polri. Dan tersangka sudah dititipkan di Rutan Tanjungpinang,” kata dia, ditemui di Batu 16, Toapaya, Jumat (13/9).

Dijelaskannya, sebagian besar barang bukti telah dimusnahkan penyidik Mabes Polri. Hanya sisa pengembalian dari hasil uji lab forensik yang telah dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

“Untuk pembuktian di pengadilan,” kata dia.

Barang bukti lain yang juga dilimpahkan ialah handphone merek Nokia milik tersangka.

Atas perbuatan ini, tersangka akan diganjar pasal 114 ayat 2 dan atau pasal 112 ayat 2 UU RI nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Dilansir berita sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri awalnya mengamankan tersangka NBN pada 10 Mei lalu dengan barang bukti sabu seberat 8 kilogram dan 20 ribu butir ekstasi.

Dari tertangkapnya tersangka NBN, polisi melakukan pengembangan sampai akhirnya mencurigai sebuah pulau kosong di Kabupaten Bintan dijadikan tempat penyimpanan sabu.

Akhirnya, diamankan tersangka Indra dan dia menunjukkan telah menyimpan sabu di sebuah pulau tidak berpenghuni Pulau Alang Bakau, Bintan. Di pulau itu disimpan sabu sekitar 54 Kg.(met)