Metro Bintan

BPBD Bintan Segera Bantu Korban Puting Beliung di Simpang Lagoi

Kepala BPBD Kabupaten Bintan, Naharuddin saat melihat kondisi rumah korban yang terkena angin puting beliung pada Jumat (13/9). F.BPBD Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bintan segera membantu korban terjangan angin puting beliung yang menyebabkan puluhan bangunan baik rumah dan kios rusak di Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong pada Kamis (12/9) lalu.

Kepala BPBD Kabupaten Bintan, Naharuddin menyampaikan, pihaknya telah melakukan pendataan bangunan baik rumah maupun kios yang rusak akibat angin puting beliung di Simpang Lagoi pada saat melakukan kunjungan ke lokasi bencana alam itu di Simpang Lagoi pada Jumat (13/9) lalu.

Dari data di lapangan nanti, pihaknya akan berusaha membantu material bangunan rumah maupun kios yang rusak akibat terjangan angin puting beliung di Simpang Lagoi.

“Kita akan mengucurkan dana senilai material yang rusak langsung ke rekening korban,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, bantuan dana untuk membeli material nanti, dimana pekerjaannya akan dilakukan bersama-sama.

“Pekerjaanya dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat,” kata dia.

Sementara Lurah Kota Baru, Khairuddin menyampaikan, jumlah korban berdasarkan data terakhir mencapai 23 unit bangunan, 6 diantaranya bangunan kios.

“Ada 2 unit rumah lagi yang terkena angin puting beliung, namun atap yang terangkat angin selembar saja,” kata dia.

Untuk bantuan, pihaknya telah mengajukan proposal ke BPBD Kabupaten Bintan. Proposal ini nantinya akan diverifikasi oleh petugas BPBD Kabupaten Bintan sesuai kondisi di lapangan.

“Kalau disetujui, BPBD Bintan akan membantu sejumlah uang yang ditransfer langsung ke rekening korban. Nanti uangnya untuk beli material yang rusakĀ  dan pekerjaan akan dilakukan bersama-sama,” kata dia.

Sebelumnya, pada Kamis (12/9) siang lalu, hujan deras yang menguyur menyebabkan angin puting beliung menerjang beberapa rumah dan kios yang ada di Simpang Lagoi, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Teluk Sebong. Akibat bencana alam ini, puluhan rumah dan kios di Simpang Lagoi rusak. (met)