Kabar Pemkab

Doakan Eks PSK yang Dipulangkan, Bupati Bilang Cepat-cepat Cari Suami tapi Jangan Dua

Para mantan PSK dari dua lokalisasi di Bintan yang dipulangkan ke daerah asalnya sempat berpamitan dengan Bupati Bintan Apri Sujadi usai kegiatan di lokalisasi Bukit Senyum, Tanjunguban, Bintan pada Senin (16/9). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi sempat memanjatkan doa kepada mantan Pekerja Seks Komersial (PSK) dari dua lokalisasi di Kabupaten Bintan yang dipulangkan ke daerah asalnya.

Doa dipanjatkan saat kegiatan penyerahan bantuan dan pemulangan 56 orang mantan PSK pascapenutupan kegiatan prostitusi di dua lokalisasi di Bintan.

Kegiatan ini dilaksanakan di lokalisasi Bukit Senyum (BS) Tanjunguban, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara pada Senin (16/9).

“Doa kami untuk saudara-saudara semua, doa kami (saudara) selamat sampai tujuan. Yang kedua cepat dapat jodoh,” katanya diaminkan para mantan PSK.

Bahkan dia mengulang mendoakan mantan PSK.

“Cepat dapat jodoh,” ulangnya dan kembali diaminkan mantan PSK dengan suara lantang.

Menurutnya, yang bisa membatasi kegiatan prostitusi adalah dengan berumah tangga.

“Insya Allah akan barokah. Kalau cari suami 1 saja jangan dua,” kata dia.

Dia juga menyampaikan kepada mantan PSK, bahwa mereka telah kembali ke titik nol kehidupan.

“Setiap manusia pasti punya kesalahan dan masa lalu, tapi sebaik-baiknya manusia adalah yang mau belajar dari masalah lalu. Dan bergerak maju ke depan demi kebangkitan diri kita masing-masing,” katanya.

Dia juga merasa yakin pekerjaan PSK bukanlah pekerjaan yang diinginkan, namun dilakukan lebih karena kebutuhan dan keterpaksaan.

“Saya mengerti bahwa (pekerjaan) ini dilakukan bukan karena keinginan. Siapa manusia yang mau berkeinginan seperti ini (PSK), tapi kami yakin karena keterpurukan dan tuntutan hidup. Tapi banyak-banyaklah bersyujur karena kita masih dikasih hidup, masih bisa menghirup udara dan masih bisa makan. Masih banyak saudara saudara kita yang untuk makan saja sulit,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengajak kepada mantan PSK untuk introspeksi diri.

“Kembali ke kampung halaman dan kembali beraktivitas dan lupakan masa lalu, Insya Allah kami masyarakat Bintan mendoakan agar saudara kembali ke kampung halaman dan kembali meraih sukses,” tutupnya. (met)