Kabar Pemkab

Kemenkes Kucurkan Rp 3,2 Miliar Bangun Puskesmas di Teluk Lobam

Bupati Bintan, Apri Sujadi meninjau pembangunan puskesmas di Teluk Lobam, Senin (16/9). F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengucurkan anggaran Rp 3,2 miliar untuk pembangunan puskesmas baru di Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan.

Bangunan baru ini nantinya akan berfungsi sebagai pelayanan kesehatan mengantikan Puskesmas Teluk Sasah.

“Ya nanti pelayanan Puskesmas Teluk Sasah pindah ke sana. Bangunan lama Puskesmas Teluk Sasah mau digunakan apa tergantung Pemkab, mungkin untuk penelitian,” jelas Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni, Senin (16/9).

Gama menjelaskan, kemungkinan nama puskesmas akan berganti nama mengikuti lokasi puskesmas yang baru.

Karena puskesmas baru dibangun di wilayah Kelurahan Teluk Lobam, Kecamatan  Seri Kuala Lobam.

Untuk pembangunan, dia menyebut, bersumber dari APBN.

“DAK dari APBN 2019, Kemenkes. Karena kita masuk wilayah perbatasan,” kata dia.

Bupati Bintan Apri Sujadi, meninjau pelaksanaan pembangunan Puskesmas Desa Teluk Sasah senilai Rp 3,2 miliar, Senin (16/9) siang.

Dikatakannya juga, selain bidang pendidikan, bidang kesehatan juga merupakan salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat.

Oleh sebab itu beberapa pembangunan bidang kesehatan menjadi hal yang sangat mendasar untuk dilakukan.

Saat peninjauan, dia meminta agar pembangunan puskesmas tersebut dilakukan dengan sebaik-baiknya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat dapat turut serta mengawasi pembangunan puskesmas tersebut.

“Kita awasi bersama supaya pembangunan infrastruktur tepat waktu dan tepat mutu. Mudah-mudahan hal ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Dikatakannya juga bahwa Pemkab Bintan terus berupaya mengoptimalkan peran puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan masyarakat mengingat peran puskesmas sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di Kabupaten Bintan.

Apalagi menurutnya hasil program berobat gratis di puskesmas yang telah diluncurkannya tahun lalu, membuat animo masyarakat yang berobat sangatlah tinggi.

Untuk itulah, untuk pelayanan yang lebih maksimal kepada masyarakat, beberapa infrastruktur bidang kesehatan ditingkatkan.

“Infrastruktur bidang kesehatan terus berbenah, kita harapkan peran serta masyarakat dalam mendukung setiap program pemerintah daerah,” tutupnya. (met)