Metro Bintan

Kabut Asap di Tambelan Kian Pekat

Kabut asap kiriman yang menyelimuti langit Tambelan makin pekat. F.Sapriadi untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Kabut asap di Kecamatan Tambelan, Bintan kian pekat. Kabut asap kiriman dari Pulau Kalimantan dan beberapa daerah yang dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla) telah menganggu jarak pandang di Kecamatan Tambelan.

Warga Kampung Melayu, Tambelan, Sapriadi menuturkan kabut asap telah menyelimuti langit Pulau Tambelan sejak dua pekan lalu.

Namun, sejak dua hari lalu kabut asap kiriman makin pekat. Akibat kabut asap makin pekat membuat arus lalu lintas makin terganggu karena terganggunya jarak pandang.

“Sebenarnya Dinas Kesehatan sudah membagikan masker, namun kabut asap makin parah jadi kami harus berhati-hati kalau bawa kendaraan,” katanya.

Warga lainnya, Iman mengaku akibat kabut asap, biasanya Bandara Tambelan yang masih dalam pekerjaan bisa dilihat dengan jelas.

“Sekarang tak nampak sama sekali, sudah ketutup sama kabut asap,” kata dia.

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang menyampaikan, kabut asap saat ini kondisinya lebih parah dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

Oleh karena itu, pihaknya telah mendirikan sejumlah posko penanggulangan bencana kabut asap di setiap kecamatan di bawah wilayah hukum Polres Bintan.

Keberadaan posko ini diharapkan bila ada masyarakat yang terserang ISPA bisa segera ditangani. (met)