Metro Bintan

Kabut Asap Bikin Jarak Pandang Terbatas, Pengendara Diminta Kurangi Kecepatan, Nyalakan Lampu dan Bermasker

Anggota Lantas Polres Bintan, Bripka Nico Ferdian usai memasang spanduk imbauan di jalur Lintas Barat Bintan, Rabu (18/9). F.Satlantas untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Untuk mengantisipasi kecelakaan jalan raya pada saat kabut asap melanda wilayah Kabupaten Bintan, Satuan Lalu Lintas Polres Bintan memasang spanduk imbauan di sepanjang jalur Lintas Barat, Bintan.

“Kita diperintahkan Pak Kapolres dan Bu Kasat untuk mengimbau pengendara supaya tetap konsentrasi tinggi ketika mengendarai kendaraan karena kabut asap membuat jarak pandang terbatas,” kata Anggota Lantas Polres Bintan Bripka Nico Ferdian kepada Batam Pos, Kamis (19/9).

Dijelaskannya pemasangan spanduk imbauan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya laka lantas.

Dia mengatakan, ada tiga hal yang ditekankan pada imbauan ini.

Pertama, pengendara diminta mengurangi kecepatan saat berkendara. Kedua selalu nyalakan lampu saat berkendara meskipun di siang hari, karena jarak pandang yang terbatas disebabkan kabut asap.

Ketiga, pengendara diminta menggunakan masker saat berkendara.

“Untuk menghindari gangguan ISPA, sebaiknya gunakan masker,” kata dia.

Namun kalau sudah merasakan nyeri di tenggorokan atau gangguan pernapasan, dia menyarankan sebaiknya diperiksakan ke posko siaga dampak bencana kabut asap yang berada di setiap kecamatan di Kabupaten Bintan. (met)