Metro Bintan

Polisi Bagikan Masker di Jalan, Dikira Razia Kendaraan

Seorang pengendara berusaha memutar arah ketika anggota Polisi dari Satlantas Polres Bintan membagikan masker di jalan raya depan GOR Kecamatan Gunung Kijang, Rabu (18/9) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Ada kejadian lucu saat Kepolisian Sektor (Polsek) Gunung Kijang membagikan masker di jalan raya depan GOR Kecamatan Gunung Kijang, Rabu (18/9) siang.

Banyak pengendara sepeda motor yang menghindari lokasi pembagian masker karena dikira polisi lalu lintas (Polantas) lagi melakukan razia kendaraan.

Pantauan wartawan Batam Pos di lapangan, sejumlah pengendara yang tidak mengenakan helm saat melaju dari arah Toapaya menuju ke Kawal memilih masuk ke jalan gang. Sedangkan dari arah Kawal menuju ke arah Toapaya terlihat sejumlah pengendara memilih memutar arah karena takut ditilang.

Padahal anggota dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bintan, Brigadir Andy sudah berusaha memanggil sejumlah pengendara sepeda motor yang menghindari lokasi pembagian masker.

Namun mereka tetap menghindari lokasi.

“Ya dikiranya kita lagi razia, padahal kita membagikan masker,” kata dia.

Kepada pengendara yang dibagikan masker, Andy menjelaskan bahwa ini bukan razia melainkan bentuk kepedulian polisi terhadap masyarakat sehubungan dampak bencana kabut asap yang bisa menganggu inspeksi saluran pernapasan akut.

Seorang pengendara berusaha memutar arah ketika anggota Polisi dari Satlantas Polres Bintan membagikan masker di jalan raya depan GOR Kecamatan Gunung Kijang, Rabu (18/9) siang. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

“Ini kita bagikan masker agar ibu terhindar dari ISPA,” ujarnya.

Sementara, Plt Kapolsek Gunung Kijang Iptu Ngatno menyampaikan, pembagian masker merupakan aksi peduli pihak kepolisian bersama TNI,  puskemas, mahasiswa dan lembaga swadaya masyarakat (LSM) maupun organisasi kemasyarakat (Ormas) dalam mengatasi kabut asap yang menyelimuti udara di Kabupaten Bintan.

“Kita libatkan semua pihak mulai dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lantas Polres Bintan, Puskesmas, mahasiswa dan Melayu Raya,” ujarnya.

Masker dibagikan kepada pengendara jalan raya yang melintas di depan GOR Kecamatan Gunung Kijang dan siswa di sekolah-sekolah.

“Kita juga bimbing siswa bagaimana menggunakan masker yang benar,” kata dia.

Dari pembagian masker ini, dia berharap masyatakat terhindari dari gangguan inspeksi saluran pernafasan akut. (met)