Kabar Pemkab

Kabut Asap, Apri Ingatkan Nelayan Waspada saat Melaut

Nelayan diingatkan waspada saat melaut dikarenakan musibah kabut asap. Terlihat seorang nelayan tradisional di perairan Tanjunguban. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengingatkan nelayan Bintan, terutama nelayan asal Kecamatan Tambelan yang menangkap ikan di wilayah perbatasan dengan Kalimantan agar meningkatkan kewaspadaan saat melaut.

Hal ini disebabkan kabut asap kiriman dari Kalimantan ke wilayah Kecamatan Tambelan  dinilai sudah membahayakan bagi kesehatan dan membuat jarak pandang terbatas.

“Kabut asap membuat jarak pandang terbatas, apalagi di laut. Ini harus diwaspadai oleh nelayan,” kata dia.

Agar nelayan tetap aman dan nyaman ketika melaut, dia menyarankan nelayan sebaiknya melengkapi alat keselamatan diantaranya selalu memakai life jacket saat melaut dan membawa pelampung.

“Sebaiknya juga dilengkapi alat navigasi yang memadai, karena jarak pandang terbatas tentu akan menganggu pengelihatan nelayan selama di laut,” kata dia.

Tidak hanya mengingatkan nelayan saat melaut, dia juga meminta masyarakat yang melakukan aktivitas di luar rumah sebaiknya menggunakan masker.

“Yang berkendara terutama pengendara sepeda motor sebaiknya memakai masker untuk mencegah ISPA,” kata dia.

Sebelumnya Prakirawan BMKG Tanjungpinang Ardhito mengingatkan masyarakat yang akan melaksanakan aktivitas di laut agar waspada.

“Sebaiknya tidak memaksa melaut kalau kondisi tidak memungkinkan karena jarak pandang terbatas,” imbuhnya. (met)