Metro Bintan

World Cleanup Day, 150 Komunitas se Kepri Bersihkan Sampah

General Secretaris WCD Kepri, Renald Yude (kaos biru) membersihkan sampah di laut saat WCD 2019 pada Sabtu (21/9). F.WCD 2019 untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Aksi bersih-bersih sampah se-Dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2019 yang dilaksanakan serentak di seluruh dunia pada Sabtu (21/9) berlangsung lancar. Termasuk di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Ketua WCD Kepri, Nunung Rozalina mengatakan terdapat 7 kabupaten/kota yang bergerak membersihkan lingkungan yang ada di Kepri.

Dimana titik lokasi utama Provinsi Kepri masih di daerah pelantar 1,2,3 dan KUD di Kota Tanjungpinang. Sementara titik kumpul dimulai di Gedung Daerah. Selain aksi bersih juga diadakan “eco bazaar” untuk perlombaan daur ulang limbah.

Sementara itu, General Secretaris WCD Kepri, Renald Yude mengatakan, pada saat hari WCD 2019, ada sekitar 150 komunitas ikut serta dalam membersihkan sampah di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri.

Bahkan aksi bersih-bersih ini juga diikuti pemerintah mulai Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kita berterimakasih atas dukungan semua pihak. Terutama Pemprov Kepri dimana kegiatan aksi bersih masuk dalam Serangkaian agenda Hari Jadi Kepri ke 17,” ujarnya.

Tidak lupa, dia menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan seluruh Pemkab Dan Pemko di Provinsi Kepri.

Dan juga dukungan pihak pihak yang sudah ikut serta diantaranya PT Bintan Resort Cakrawala, Banyan Tree Bintan, Premier Oil, Safari Lagoi, CK Hotel Tanjungpinang, JNE, BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama, Aston Tanjungpinang, JNT, Pos Indonesia, The Residence Bintan, Apotek K24, BPPW Kepri.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, gerakan peduli sampah ini juga melibatkan warga Kepri bersama seluruh elemen, baik dari pemerintah, swasta, sekolah, komunitas dan masyarakat umum turun dalam aksi ini.

“Momentum ini menunjukkan betapa pentingnya kita semua,” kata dia.

Dia mengatakan, istimewanya tahun ini gerakan WCD menjadi salah satu dari serangkaian acara hari jadi Kepulauan Riau yang ke-17 tahun. (met)