Kabar Pemkab

Bupati Bintan Sambut Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2019

Bupati Bintan, Apri Sujadi menyerahkan cinderamata berupa Batik Padi Mas kepada Ketua Rombongan Tim Verifikasi Pusat, Calvin S Wattimena di Kantor Bupati Bintan, Senin (23/9). F.Dinas Kominfo Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Bupati Bintan, Apri Sujadi menerima Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat Tahun 2019 di Kabupaten Bintan, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Bintan, Senin (23/9) pagi.

Rombongan Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tingkat Pusat dipimpin Calvin S Wattimena, SKM M Kes, Diana Nurhayati dan jajaran.

Dalam kesempatan tersebut, rencananya Tim Verifikasi akan meninjau beberapa lokasi yang akan dinilai sebagai bagian dari program Kabupaten/Kota sehat dengan tercapainya kondisi Kabupaten bersih, aman, nyaman dan sehat, serta dapat meningkatkan sarana produktifitas yang sehat.

“Penghargaan Kabupaten/Kota sehat diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia, dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Penghargaan dinilai dari verifikasi atas kinerja pemerintah daerah dan masyarakat dengan membangun hubungan kemitraan yang baik ” ujar Ketua Rombongan Tim Verifikasi Pusat Calvin S Wattimena.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan bahwa Forum KKS Bintan juga memiliki andil yang besar dalam mewujudkan dan membantu pelaksanaan program pemerintah daerah Kabupaten Bintan guna mewujudkan Bintan Bersih dan Bintan Sehat.

“Berbagai program dan kebijakan kesehatan difokuskan pada pelayanan kesehatan dan pencegahan penyakit. Dari Forum KKS ini juga turut andil mengajak masyarakat untuk peduli pada hidup sehat. Intinya saling bersinergi untuk menciptakan Bintan Bersih dan Bintan Sehat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Forum KKS Bintan Deby Maryanti mengatakan bahwa saat ini terus berusaha memenuhi seluruh kriteria tatanan kategori kabupaten/kota sehat dari Kementerian Kesehatan RI.

Tahun ini, Bintan menambah satu tatanan dalam penilaian yaitu tatanan kehidupan sosial yang sehat disamping lima tatanan yang telah diikuti yaitu tatanan permukiman sarana dan prasarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat, tatanan pariwisata yang sehat, tatanan perkantoran/industri yang sehat serta tatanan ketahanan pangan dan gizi.

“Setiap tahunnya kita terus meningkatkan kualitas guna memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Kita harapkan nantinya, kita kembali mempertahankan dan meraih penghargaan dengan tingkatan yang lebih tinggi,” ujarnya.

Turut hadir Sekda Kabupaten Bintan, Drs Adi Prihantara, Ketua Harian KKS Bintan Susilawati, Unsur Forum Kabupaten Bintan Sehat, perwakilan OPD Kabupaten Bintan, Camat dan unsur terkait lainnya. (met)