Metro Bintan

Polres Bintan Siagakan Mobil Oksigen

Wakapolres Bintan, Kompol D. Putut Wibowo mengenalkan mobil oksigen yang disiagakan untuk membantu masyarakat yang terdampak kabut asap akibat Karhutla di wilayah Kabupaten Bintan, Selasa (24/9). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Bintan telah mengancam kesehatan masyarakat.

Untuk meminimalisir gangguan kesehatan pada saluran pernapasan, Kepolisian Resor (Polres) Bintan menyiapkan mobil oksigen di setiap Mapolsek di wilayah Kabupaten Bintan.

Wakapolres Bintan, Kompol D. Putut Wibowo mengatakan mobil oksigen ini untuk memberikan bantuan oksigen kepada masyarakat yang sensitif terhadap dampak kabut asap seperti anak-anak, ibu hamil dan lansia.

Dia menjelaskan, mobil oksigen ini menerapkan pelayanan siaga 24 jam di setiap Polsek yang ada di wilayah hukum Polres Bintan.

“Jadi di setiap Polsek, ada mobil oksigen yang siaga dengan tiga orang petugas medis yang bekerja bergantian. Dimana, setiap mobil tersedia tiga tabung oksigen,” kata dia.

Selain menyediakan mobil oksigen, petugas medis mobil oksigenĀ  juga siaga apabila terjadi kebakaran.

“Kalau pas kebakaran, mereka dari petugas medis mobil oksigen akan sigap membagi-bagikan masker ke masyarakat yang berada di sekitar lokasi kebakaran,” ungkapnya.

Dia berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas mobil oksigen ini. Apabila mengalami gangguan kesehatan, ia menyarankan sebaiknya langsung memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.(met)