Metro Bintan

PKK Kelurahan Toapaya Dilatih Metode Hidroponik

Peserta pelatihan menanam dengan metode hidroponik yang diikuti ibu-ibu TP PKK Kelurahan Toapaya Asri di Kantor Kelurahan Toapaya Asri, Kamis (26/9). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Sejumlah wanita yang tergabung dalam pengurus maupun anggota TP PKK Kelurahan Toapaya Asri mengikuti pelatihan menanam dengan metode hidroponik di aula kantor Kelurahan Toapaya Asri, Kamis (26/9).

Pelatihan selama dua hari hingga Jumat (27/9) ditaja oleh Pemerintah Kelurahan Toapaya Asri dan bekerjasama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanianm (DKPP) Kabupaten Bintan.

Lurah Toapaya Asri, Nepy Purwanto mengatakan, pelatihan ini dimaksud supaya anggota TP PKK Kelurahan Toapaya Asri memiliki usaha mandiri bernilai ekonomis.

“Supaya menghasilkan uang karena selama ini kalau ada kegiatan, ibu-ibu PKK meminta bantuan ke kelurahan. Ya dengan adanya kegiatan ini, semoga mereka mandiri,” katanya.

Untuk saat ini, pihak kelurahan membantu pengadaan instalasi tanaman, benih, media tanam (rockwell) serta nutrisi.

Setelah panen, pengelolaan akan diserahkan ke TP PKK Kelurahan Toapaya Asri.

Pegawai DKPP Bintan, Arnel yang memberikan materi mengatakan, cara menanam metode hidroponik sangat mudah.

Kesempatan ini, peserta dilatih menyemai bibit sayuran sawi dan selada di dalam media tanam.

Caranya, motong media tanam seukuran dadu, kemudian lubangi dengan tusuk gigi. Setelah itu, masukkan bibit ke lubang yang sudah ditusuk. Biarkan bibit tumbuh setidaknya memiliki 4 daun, baru dipindahkan ke media lainnya.(met)