Metro Bintan

Stok Blangko e-KTP Tipis, Disdukcapil Bintan Berikan Suket

Kadisdukcapil Bintan, Ismail turun langsung melakukan perekaman e-KTP ke warga. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Stok blangko e-KTP di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan terus menipis.

Untuk mengantisipasi, Disdukcapil Kabupaten Bintan menyiapkan penganti sementara berupa Surat Keterangan (Suket).

Kadisdukcapil Kabupaten Bintan, Ismail menyampaikan, saat ini stok blangko e-KTP di kantornya terus menipis. Stok blangko e-KTP masih tersisa di kantornya sekitar 100 keping blangko.

“Sebenarnya bukan di Disdukcapil Bintan saja, tapi semua kantor Disdukcapil di daerah lain juga menipis,” ungkap Ismail ketika dihubungi Batam Pos, Jumat (27/9) siang.

Disdukcapil Kabupaten Bintan saat ini telah mengajukan permohonan blangko e-KTP ke Kemendagri RI. Blangko e-KTP yang diajukan sekitar 2.000 keping blangko.

Selagi menanti blangko e-KTP dari Kemendagri, ia menyebut, Disdukcapil Kabupaten Bintan telah mengeluarkan suket bagi masyarakat yang melakukan pelayanan administrasi dan kependudukan terkait e-KTP.

Hanya suket diberikan ke masyarakat yang mengajukan permohonan misalkan e-KTP rusak atau hilang. Sedangkan bagi masyarakat yang baru mengajukan e-KTP kali pertama, kata Ismail memiliki peluang untuk mendapatkan stok blangko e-KTP yang masih tersedia.

“Kalau yang hilang atau rusak e-KTP nya, kita berikan suket,” jelas dia.

Suket, dijelaskannya diberikan sebagai penganti e-KTP sampai e-KTP diterbitkan. Sehingga suket bisa digunakan sebagaimana mestinya manfaat e-KTP.

“Suket itu fungsinya sebagai penganti e-KTP sampai e-KTP yang diterbitkan,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, menipisnya stok blangko e-KTP tidak menganggu pelayanan administrasi dan kependudukan di kantornya.

Bahkan, antusias masyarakat Kabupaten Bintan yang melakukan pengurusan administrasi dan kependudukan terkait e-KTP dinilai tinggi.

Selain itu, banyak dari kalangan pelajar yang baru lulus sekolah yang telah berusia 17 tahun di atas mendatangi kantor Disdukcapil Bintan untuk mendapatkan e-KTP kali pertama.

“Setiap bulan ada aja yang mengajukan permohonan e-KTP baru dari kalangan ini,” kata dia. (met)