Metro Bintan

Jelang Pilkada 2020, Disdukcapil Bintan Sasar Pemilih Pemula

Kadisdukcapil Bintan, Ismail langsung melayani warga yang melakukan perekaman e-KTP di Desa Berakit belum lama ini. F.Disdukcapil Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dihelat pada tahun 2020, Dinas Kependidikan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan melakukan jemput bola dengan menyasar pelajar yang telah berusia 17 tahun atau pemilih pemula.

Kadisdukcapil Bintan, Ismail mengatakan, sebenarnya program jemput bola dengan berkantor di kelurahan dan desa telah dijalankan pihaknya. Tujuannya memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan.

Nah menjelang Pilkada 2020, dia mengatakan, akan kembali melakukan update data kependudukan masyarakat Bintan yang memiliki hak pilih. Tujuannya agar Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan dalam Pilkada nanti, merupakan data yang baru.

“Data kependudukan sifatnya dinamis, makanya perlu di update lagi,” kata dia, Selasa (1/10).

Selain itu, masyarakat Bintan yang telah berusia 17 tahun dan baru memiliki eKTP atau pemilih pemula harus diakomodir. Termasuk masyarakat yang baru berdomisili di Kabupaten Bintan.

Disamping itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bintan terkait data pemilih.

“Kita akan koordinasi dengan KPU, termasuk bagaimana misalkan warga Kijang namun sudah pindah ke Tanjunguban, namun belum mengurus kepindahannya, ini apakah harus kembali ke Kijang untuk mencoblosnya atau membuat surat domisili atau bisa sebatas melapor saja,” katanya.

Terakhir dia mengimbau warga yang belum memiliki e-KTP sebaiknya segera melakukan perekaman e-KTP.

Terlebih siswa yang telah berusia 17 tahun, sebaiknya segera mengurus e KTP. (met)