Metro Bintan

Desa Teluk Sasah di Bintan Terpilih Desa Ramah Anak Bebas Kekerasan Nasional 2019

Foto bersama usai acara yang berkenaan anak di Kantor Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kamis (3/10). F.Pemdes Teluk Sasah untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Desa Teluk Sasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan terpilih untuk program Desa Ramah Anak Bebas Kekerasan Nasional tahun 2019.

Program Desa Ramah Anak Bebas Kekerasan Nasional tahun 2019 ini diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia.

Kepala Desa Teluk Sasah, Suhairry Sembiring mengatakan, ada tiga desa di Indonesia yang terpilih program desa ramah anak bebas kekerasan dari kementerian, satu diantaranya Desa Teluk Sasah.

“Dua lagi desa dari Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Tengah,” ujarnya usai kegiatan uji coba penyusunan desa ramah anak bebas kekerasan yang berlangsung selama dua hari di Kantor Desa Teluk Sasah sejak Rabu (2/10).

Dimana, Valentina Ginting dari Kemen PPPA RI dan Elvi dari Pemprov Kepri serta Sri Sulastri dari DP3KB Bintan sebagai narasumber.

Dia menjelaskan, alasan kementerian memberikan program ini ke Desa Teluk karena penduduk di desa ini memiliki beragam adat istiadat dan jumlah penduduk yang tidak sedikit namun angka kekerasan terhadap anak cenderung rendah.

“Jumlah penduduk kita lebih kurang 5 ribu jiwa dan berlatarbelakang dari berbagai adat istiadat. Sedangkan kasus anak, rendah. Tahun ini ada 1 kasus anak,” kata ia menjelaskan.

Ia berharap dengan dipilihnya Desa Teluk Sasah untuk program desa ramah anak bebas kekerasan menjadikan desa ini semakin ramah dalam berbagai perlakuan terhadap anak.

“Ramah terhadap anak baik memperlakukan hak dan kewajiban anak dan pelayanan yang berkaitan dengan anak juga harus layak,” tutupnya. (met)