Metro Bintan

Lahan Diklaim Milik Warga, Puskesmas Toapaya Terancam Direlokasi

Puskesmas Toapaya yang lahannya diklaim milik salah satu warga. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos

PRO BINTAN – Bangunan Puskesmas Toapaya di jalan raya Tanjunguban Kilometer (Km) 26, Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya terancam direlokasi. Pasalnya, lahan berdirinya bangunan milik Pemkab Bintan tersebut diklaim milik salah satu warga.

Informasi didapat dari pegawai pemerintahan di Toapaya bahwa lahan tersebut bukan lahan milik Pemkab Bintan melainkan diklaim milik salah satu warga.

Oleh karena itu, pihaknya sedang mengupayakan lahan kosong yang bisa dijadikan lokasi pembangunan Puskesmas Toapaya yang baru.

Kadis Kesehatan Bintan, dr Gama AF Isnaeni membenarkan ada warga yang mengklaim lahan Puskesmas Toapaya milik warga.
Namun, Dinkes Bintan bersama instansi lain dari Bagian Agraria Setdakab Bintan dan BPN Kabupaten Bintan akan segera menelusuri riwayat lahan Puskesmas Toapaya.

“Kami lagi turunkan tim untuk mencari solusi dari permasalahan lahan ini. Karena mungkin saja dulu tanahnya hibah dari orangtuanya, namun mungkin ya ada anggota keluarga tak terima akhirnya ingin mengambil kembali,” kata dia.

Namun demikian, ia juga sedang mencari lahan buat dibangun Puskesmas Toapaya. Karena, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengucurkan alokasi anggaran sekitar Rp 8 miliar untuk dibangun puskesmas baru.

“Anggarannya dari Pemerintah Pusat, bukan anggaran dari daerah,” katanya.

Hingga saat ini meskipun adanya klaim dari warga berkenaan lahan di Puskesmas Toapaya, namun pelayanan kesehatan terhadap masyarakat di puskesmas tersebut berjalan normal.(met)