Kabar Pemkab

NPHD Pilkada Bintan 2020 Diteken

KPU Bintan Dapat Rp 12,75 Miliar

Ketua KPU Bintan, Ervina Sari menandatangani NPHD pelaksanaan Pilkada 2020 disaksikan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Kantor Bupati Bintan, Selasa (1/10). F.KPU Kabupaten Bintan untuk Batam Pos

PRO BINTAN – Pemkab Bintan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020.

Dari NPHD itu, KPU Kabupaten Bintan mendapatkan anggaran hibah sekitar Rp 12,750 miliar. Penandatanganan ini dilakukan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam dan Ketua KPU Kabupaten Bintan, Ervina Sari dan disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Bintan, Agus Wibowo, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bintan Agus Hartanto dan Sekdakab Bintan Adi Prihantara di Kantor Bupati Bintan, Selasa (1/10).

Ketua KPU Kabupaten Bintan, Ervina Sari mengatakan, awalnya KPU Kabupaten Bintan mengusulkan alokasi anggaran pelaksanaan Pilkada tahun 2020 sekitar Rp 14,7 miliar.

Namun setelah dilakukan rasionalisasi, anggaran pelaksanaan Pilkada tahun 2020 yang disetujui sekitar Rp 12,750 miliar.
Oleh karena itu, terdapat beberapa kegiatan yang dikurangi misalnya kegiatan sosialisasi maksimalnya 8 kali, namun menjadi 5 kali sosialisasi.

“Lainnya misalkan debat maksimalnya 3 kali menjadi 1 kali,” kata dia menegaskan tidak ada tahapan Pilkada tahun 2020 yang dihapus.

Pada tahun 2019, anggaran yang dikucurkan hanya sekitar Rp 500 juta untuk kegiatan sosialisasi. Anggaran tersebut sudah termasuk pada anggaran pelaksanaan Pilkada tahun 2020 Rp 12,750 miliar.

Ervina juga menyampaikan bahwa penandatanganan NPHD adalah salah satu tahapan awal pemilihan kepala daerah. Selama tahapan perencanaan anggaran Pilkada, Tim Anggaran Pemkab sudah saling berkoordinasi dengan baik.

“Kita berterimakasih Tim TAPD sudah maksimal membahas anggaran kebutuhan Pilkada,” ujarnya.

Sementara itu, Haris Daulay Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi menambahkan bahwa anggaran pelaksanaan yang ditandatangani sesuai dengan hasil pembahasan senilai Rp 12,75 miliar.

“Berdasarkan hasil pembahasan dengan TAPD dan Badan Anggaran DPRD usulan anggaran kemudian disesuaikan dengan kemampuan daerah,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya berterima kasih kepada Pemkab Bintan atas terealisasinya penandatanganan NPHD.

“Dengan anggaran yang ada, kami berkomitmen menghadirkan Pemilihan Bupati yang jujur dan berkualitas,” tutupnya. (met)

Loading...