Metro Bintan

Mayoritas, Pemohon Paspor di Imigrasi Tanjunguban untuk Liburan ke Malaysia dan Singapura

Masyarakat yang melakukan permohonan penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Klas II TPI Tanjunguban, Selasa (8/10). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Kantor Imigrasi (Kanim) Klas II TPI Tanjunguban telah melayani permohonan penerbitan paspor sampai dengan Agustus 2019 lebih kurang 3.430 orang.

Dari jumlah tersebut, mayoritas pemohon mengajukan penerbitan paspor untuk liburan ke Malaysia dan Singapura.

Kasubsi Teknologi Informasi Kanim Klas II TPI Tanjunguban, Fajar Dwi Prasetyo mengatakan jumlah masyarakat yang melakukan permohonan penerbitan paspor pada 2018 mencapai lebih kurang 3.937 orang, sedangkan hingga Agustus 2019 telah mencapai lebih kurang 3.430 orang.

Dikatakannya, mayoritas masyarakat yang mengajukan permohonan paspor untuk berlibur ke Malaysia dan Singapura.

Sebagian besar juga, katanya, merupakan warga Batam dan Tanjungpinang yang mengajukan permohonan penerbitan paspor di kantornya.

Hal ini dikarenakan kuota Kanim baik di Tanjungpinang dan Batam sering penuh, sehingga masyarakat yang ingin membuat paspor mendatangi Kanim yang jumlah penduduknya lebih sedikit.

“Ini biasa terjadi karena kuota di Kanimnya penuh, makanya mereka mengurus ke Tanjunguban yang jumlah penduduknya tidak terlalu banyak. Satu hari kuota yang biasa dilayani di Kanim Tanjunguban berkisar 40 sampai 50 orang,” kata ia.

Sejauh ini, untuk penerbitan paspor di kantornya tidak ada kendala pada sistem pendaftaran online.

“Untuk menerbitkan bukti membayarnya terkadang ada sedikit kendala,” ujar ia. (met)

Loading...