Peristiwa

Berkendara Sembrono di Jalanan, Warga Bintan Adukan Pencari Suaka ke Polisi

Pencari suaka dihukum push up karena nekat mengendarai kendaraan. F.Satlantas Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Ulah para pencari suaka yang menetap di Hotel Bhadra, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan makin menyebalkan.

Betapa tidak, tingkah  mereka saat berkendara dikategorikan sembrono diantaranya sering memakan jalan ketika berkendara. Bahkan ada yang berbelok tanpa menyalakan lampu sein.

Seorang warga Kawal, Setianus Zai mengeluhkan tingkah laku menyebalkan para pencari suaka yang sudah di luar batas.

Ia mengisahkan saat itu ia hendak pulang ke rumahnya, namun tiba-tiba ia nyaris ditabrak kendaraan yang dibawa salah seorang pencari suaka.

“Kendarannya jalan ke jalur tengah dan tiba-tiba belok tanpa menyalakan lampu sein. Hampir saja menabrak, untung saya cepat mengelak,” kata ia.

Warga Kawal lainnya, Tris mengatakan, saat itu kendaraannya melaju dari arah Tanjungpinang ke arah Kawal.

“Tiba-tiba si pencari suaka ini buat saya kaget karena sudah berada di jalur saya,” kata dia.

Ulah sembrono berkendara para pencari suaka ini dikeluhkan warga. Pasalnya mereka tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) namun nekat mengendarai.

Akhirnya sejumlah warga mengadukan ulah menyebalkan para pencari suaka ke polisi.

Anggota Pos Gesek Satuan Lalu Lintas Polres Bintan, Brigadir Andy Darmawan merespon cepat laporan masyarakat.

Ia bersama partner kerjanya Bripda Razak langsung menasehati dan menjatuhkan hukuman push up kepada para pencari suaka yang kepergok mengendarai kendaraan.

“Ya kita nasehati kalau mereka tidak memiliki SIM dan tidak boleh mengendara di sini karena tidak menguasai jalan sehingga dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya,” kata ia.

Ulah menyebalkan para pencari suaka ini, diakui Andy, sebenarnya sudah berulang kali diperingatkan. “Kita dan Imigrasi sebenarnya sudah menegur, namun mereka masih membandel. Saat ini kita hukum push up, namun ke depan kalau sampai melanggar lagi, kita akan sita kendaraanya,” tegasnya. (met)