Peristiwa

Berkas Perkara Sabu 118,5 Kg Diserahkan ke Kejari Bintan

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang saat memusnahkan barang bukti tangkapan sabu dengan berat total 118,5 Kg di sebuah rumah di Kelurahan Kota Baru. Saat ini berkas perkaranya telah diserahkan ke Kejari Bintan. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Penyidik Satresnarkoba Polres Bintan menyerahkan berkas perkara tahap pertama tangkapan sabu 118,5 Kilogram (Kg) ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bintan.

Kasatresnarkoba Polres Bintan, AKP Nendra Madya Tias mengatakan, pihaknya telah melengkapi berkas perkara sabu 118,5 Kg yang diamankan beberapa waktu lalu. Berkas perkara telah diserahkan ke Kejari Bintan pada Rabu (9/10).

Dikatakannya di waktu yang sama pihaknya juga telah menyerahkan Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) perkara sabu 118,5 Kg.

Sementara itu, Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Bintan, Haryo Nugroho mengatakan, berkas perkara tahap pertama telah diterima pihaknya.

“Kita baru terima berkasnya, saat ini masih dalam penelitian kelengkapan secara formil dan materil,” kata ia.

Diberitakan sebelumnya, Polsek Bintan Utara dan Polres Bintan berhasil mengungkap jaringan narkoba asal Malaysia yang diselundupkan ke Bintan.

Awalnya ditangkap kurir sabu berinisial JF, yang merupakan sopir bus sekolah di daerah Panteng, Sungai Kecil. Dari penangkapan ini, polisi menggeledah rumah JF di Jalan Antasari, Gang Riang, RT 01 RW 03 Kelurahan Kota Baru. Di rumah ini, diamankan SY.

Di sana, diamankan sabu yang diselundupkan dari Malaysia ke Bintan melalui daerah Senggiling, Kecamatan Teluk Sebong seberat lebih kurang 125,2 Kg.

Hasil pengembangan diamankan ZH yang merupakan mantan narapidana kasus TKI Ilegal di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong.

Setelah dilakukan penimbangan, berat kotor sabu lebih kurang 125,2 Kg dan berat bersih lebih kurang 118,5 Kg.

Selasa (17/9) siang akhirnya dilakukan pemusnahan barang bukti sabu 114,7 Kg sedangkan sisanya lebih kurang 3,7  Kg disisihkan sebagai barang bukti untuk pembuktian di persidangan. (met)