Metro Bintan

Demokrat maupun Golkar Bisa Usung Calon secara Mandiri Tanpa Koalisi

Komisioner KPU Bintan, Syamsul. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Partai Demokrat Bintan maupun Partai Golkar Bintan bisa mengusung calon kepala daerah (cakada) Bintan secara mandiri tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.

Pasalnya, kedua partai politik tersebut memenuhi ketentuan untuk mengusung calon kepala daerah secara mandiri.

Komisioner KPU Bintan, Syamsul mengatakan, syarat parpol untuk mengusung calon kepala daerah sesuai ketentuannya harus memiliki 20 persen kursi DPRD Bintan dan minimal memiliki 25 persen suara sah.

Jika melihat jumlah komposisi kursi di DPRD Bintan, menurut ia, hanya Partai Demokrat dan Partai Golkar yang bisa mengusung calon kepala daerah secara mandiri.

Sementara Partai NasDem, menurut ia, harus membangun koalisi dengan partai politik lainnya bila ingin mengusung calon kepala daerah.

Partai NasDem menurut ia, bisa membangun koalisi misalkan dengan PDIP, PAN atau bahkan Partai Hanura agar bisa mengusung calon kepala daerah.

Untuk Pilkada Bintan, ia mengatakan, KPU Kabupaten Bintan telah menyiapkan anggaran untuk 4 calon kepala daerah. Dimana, 1 untuk calon kepala daerah dari jalur independen dan 3 jalur dari partai politik.

Dijelaskannya juga bahwa untuk pendaftaran calon kepala daerah dari jalur independen bisa mendaftar sejak Desember 2019 sampai Maret 2020.

“Kalau untuk calon kepala daerah dari parpol dibuka pendaftaran mulai Juni sampai dengan Juli 2019,” ujarnya.

Untuk calon kepala daerah dari jalur independen, kata ia harus mengumpulkan e KTP Bintan sebanyak 10 persen dari jumlah DPT pemilu 2019.

“Kalau dari jalur parpol harus memiliki 20 persen jumlah kursi di DPRD dan 25 persen dari jumlah suara sah partai pada Pemilu 2019 lalu,” kata ia. (met)