Metro Bintan

Seedling Banyan Tree, Tak Sekedar Beasiswa, Karakter Siswa juga Dibentuk

Para mentor, orangtua siswa dan siswa serta kepala sekolah dan guru menghadiri gathering seedling di ruang meeting Angsana Hotel, Laguna Bintan, Lagoi pada Kamis (17/10). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Sebanyak 7 siswa yang baru terpilih menerima beasiswa program seedlings ditaja Laguna Bintan terdiri dari Banyan Tree Bintan, Angsana Bintan, dan Cassia Bintan disambut pada acara seedlings gathering, Kamis (17/10) sore.

7 siswa itu berasal dari 3 sekolah di Kecamatan Teluk Sebong yakni SMPN 24, SMPN 8 dan SMPN 9.

Kegiatan berlangsung di ruang meeting Angsana Hotel, Laguna Bintan, Lagoi.

Hadir dalam seedling gathering, Kadis Pendidikan Bintan Tamsir dan perwakilan Rektor UMRAH, Coordinating Director Banyan Tree Global Foundation, Dr Steven Newman, serta Hotel Manager Laguna Bintan Joseluis Barrera.

Turut menghadiri para mentorship Laguna Bintan, orangtua siswa penerima beasiswa, guru dan juga kepala sekolah.

Manager CSR Banyan Tree Bintan, Henry Singer mengatakan, program seedling membantu siswa prestasi dengan keterbatasan ekonomi dalam meraih cita-citanya.

Program yang dijalankan sejak 2007, menurut ia, siswa selain menerima bantuan seluruh kebutuhan dasar, mereka juga dipertemukan langsung mentor untuk belajar bahasa Inggris, komputer dan lingkungan bahkan wisata pendidikan.

Foto bersama siswa seedling Banyan Tree. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

“Tidak sekedar membantu keuangan, namun membentuk karakter dan mental mereka melalui berbagai kegiatan,” kata ia.

Kadis Pendidikan Bintan, Tamsir menyampaikan, seedling Banyan Tree sangat membantu orangtua dan pemerintah.

“Apa yang dilakukan Banyan Tree melalui seedling sangat menarik,” kata ia karena menurutnya membangun pendidikan, tidak semua menjadi tanggungjawab pemerintah namun semua pihak, baik swasta, lembaga kependidikan dan masyarakat.

Coordinating Director Banyan Tree Global Foundation, Dr Steven Newman mengatakan, program ini dimulai sejak 2007 dan ketika dimulai jumlah siswa sedikit namun saat ini telah berkembang.

Untuk diketahui, sudah 41 siswa dari 8 sekolah di Kabupaten Bintan bergabung dalam program ini. 5 diantaranya mendapat beasiswa S1 di perguruan tinggi.

Kemudian 2 siswa binaan seedling Banyan Tree juga mendapat kelulusan dengan predikat cumlaude. Selain itu, 1 orang kuliah di universitas favorit di Pulau Jawa dan mendapat IPK terbaik di angkatannya.

Tak cuma itu, 10 alumni seedling telah bekerja di berbagai hotel bintang lima di Bintan. Bahkan ada lulusan seedling yang bekerja di luar negeri seperti di Banyan Tree Seychelles dan Banyan Tree Managemen Academy (BTMA), Phuket, Thailand. (met)