Olahraga

El Clasico Resmi Diundur, Jadwal Belum Pasti

PRO BINTAN – Kecemasan pendukung FC Barcelona dan Real Madrid terkait digesernya jadwal El Clasico pada jornada kesembilan La Liga (26/10) jadi kenyataan. Tadi malam, komite kompetisi La Liga memastikan bahwa El Clasico edisi ke-276 itu ditunda.

Faktor keamanan jadi barometer laga yang awalnya dihelat di Camp Nou itu ditunda. Pemicunya, demo besar yang terjadi di Catalan imbas dari sembilan elite politik yang dijatuhi hukuman penjara lantaran terlibat dalam referendum kemerdekaan Catalan dua tahun lalu.

Lantas, kapan jadwal penggantinya? Hingga tadi malam belum ada putusan resmi. Tetapi, sudah ada aturan bahwa setiap pertandingan yang ditunda pada putaran pertama harus sudah digelar sebelum 17 Januari tiap musimnya.

Kedua tim diberikan deadline untuk menetapkan tanggal baru dan mengomunikasikannya kepada komite kompetisi sebelum Senin sore (21/10). Jika hingga hari itu belum ada tanggal baru, maka komite kompetisi akan menetapkannya sendiri.

ilustrasi

Meski begitu, sudah ada beberapa calon tanggal yang bisa dipertimbangkan. Beberapa di antaranya adalah 7 Desember 2019 yang diusulkan La Liga dan 18 Desember 2019 dari usulan kedua tim. Tetapi, untuk usulan 7 Desember, langsung mendapat penolakan karena ada beberapa pertandingan lain yang juga melibatkan kedua tim yang perlu diatur ulang karena mepet dengan jornada ke-16. Yakni, melawan Barca Real Mallorca dan Real kontra Espanyol. Kedua laga itu dihelat 8 Desember 2019.

“Hari itu (18 Desember 2019, Red) ada pertandingan Copa del Rey (32 besar, Red). Menempatkan El Clasico pada hari itu hanya akan memperburuk situasi,” kata presiden La Liga Javier Tebas kepada EFE.

Handicap lainnya jika waktu El Clasico dipindah 18 Desember adalah rating televisi. Ya, 18 Desember 2019 yang bertepatan dengan hari Rabu malam waktu setempat bukan waktu ideal untuk menggelar laga besar dibanding weekend.

Alternatif lainnya adalah boxing day ala Premier League. Sebab, La Liga memasuki jeda kompetisi untuk libur Natal seusai jornada ke-17 yang dihelat 22 Desember 2019. Tetapi, menggelar laga berbau boxing day bukan hal lazim di Spanyol dan bisa memicu kontroversi baru.

“Jika kami tetap bermain (El Clasico, Red) pada 26 Oktober 2019, kami akan melakukannya dan begitu pula sebaliknya. Kami akan melakukan yang mereka  (Komite kompetisi, Red) minta mengenai jadwal baru El Clasico tetap dengan kekuatan penuh,” ucap entrenador Real Zinedine Zidane tadi malam kepada Marca. (io)