Internasional

Malaysia Tawarkan Tranquility Seharga Rp 2,8 Triliun

Kapal Tranquility. (net)

PRO BINTAN – Genting Group melelang Tranquility. Dulu superyacht itu bernama Equanimity. Ya. Kapal pesiar mewah tersebut pernah tercatat sebagai harta Low Taek Jho alias Jho Low sebelum pemerintah Malaysia menyitanya di Bali pada Februari tahun lalu. Barang sitaan itu dilelang pemerintah dan dibeli Genting Group. Kini superyacht tersebut kembali dilelang.

Kemarin (20/10) The Guardian melaporkan, Equanimity yang sudah berganti nama jadi Tranquility ditawarkan seharga USD 200 juta (sekitar Rp 2,8 triliun). Dulu Genting Group membeli kapal pesiar itu dengan harga sekitar USD 74 juta (sekitar Rp 1,04 triliun) lebih murah. Sayang, Genting Group tidak mengungkap alasan penjualan superyacht tersebut.

”Kapal pesiar mewah itu punya gym, ruang pijat, kolam renang, sauna, dan tempat nongkrong semacam beach club,” terang sumber The Guardian.

Tranquility sangat mewah. Baik desain interior maupun eksteriornya. Perancang desain interiornya adalah perusahaan Inggris Winch Design. Sejak berpindah tangan ke Genting Group pada April, tidak banyak perubahan berarti pada desain kapal pesiar mewah tersebut.

Sebagai properti Genting Group, kapal pesiar itu pernah disewa Kylie Jenner. Saat itu dia merayakan ulang tahun ke-22. Tranquility disewakan seharga USD 1,2 juta atau setara Rp 16,98 miliar per pekan.

Kapal sepanjang 91,5 meter itu tenar setelah terseret pusaran skandal megakorupsi Malaysia 1MDB yang melibatkan mantan PM Najib Razak. Sementara itu, Jho Low adalah orang dekat Najib yang membeli superyacht tersebut. (jp/gun)