Metro Bintan

Warga Pesisir Bintan Dibekali Teknik Pertolongan Kecelakaan Laut

Direktur Potensi BNPP RI, Marsekal Pertama TNI F Indra Jaya dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam menghadiri pembukaan pelatihan dan teknik pertolongan kecelakaan laut bagi puluhan warga pesisir di Bintan. (ist)

PRO BINTAN – Sebanyak 40 warga pesisir Kabupaten Bintan dibekali pelatihan dan teknik pertolongan kecelakaan di permukaan air laut oleh personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (Search and Rescue/SAR) Kelas A Tanjungpinang, mulai 21 hingga 26 Oktober 2019.

Pelatihan dipusatkan di Pantai Padi Emas Resort, Bintan dan diawasi dua perwakilan Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) RI.

“Pelatihan bagi masyarakat pesisir Bintan ini dimaksudkan untuk penguatan peran masyarakat pada penanganan awal ketika terjadi kecelakaan, khususnya di perairan Kabupaten Bintan,” ujar Direktur Potensi BNPP RI, Marsekal Pertama TNI F Indra Jaya.

Menurut dia, Bintan memiliki wilayah kepulauan dengan bentangan laut yang begitu luas, sehingga sangat diperlukan persiapan pertolongan bagi segala aktivitas di wilayah perairan.

“Penguatan keamanan wilayah laut memang harus menjadi prioritas tersendiri,” ucapnya

Pelatihan ini turut mendapat perhatian Pemkab Bintan. Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam ikut menghadiri pembukaan kegiatan pelatihan tersebut.

Dalam kesempatan ini, Dalmasri berharap pelatihan ini akan melahirkan satuan petugas yang selalu siap siaga apabila dibutuhkan dalam musibah kecelakaan khususnya di wilayah perairan.

Hal itu, kata dia, untuk mengantisipasi cuaca laut yang kadang tak menentu. Belum lagi musibah tenggelamnya beberapa kapal di perairan Bintan yang pernah terjadi sebelumnya.

“Pemerintah sangat mendukung. Mereka inilah yang kita persiapkan dalam penanganan terhadap potensi kecelakaan laut tersebut,” sebut Dalmasri. (ogn/adv/gun)