Peristiwa

Operasi Zebra Seligi 2019 Dimulai, 7 Titik Menjadi Sorotan

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang menyematkan pita tanda dimulainya Operasi Zebra Seligi 2019 saat upacara gelar pasukan di markas Kepolisian Resor Bintan, Rabu (23/10). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bintan resmi menggelar Operasi Zebra Seligi 2019 selama 2 pekan mulai 23 Oktober sampai 5 November 2019.

Kapolres Bintan AKBP, Boy Herlambang yang memimpin upacara gelar pasukan di markas Kepolisian Resor Bintan di Bintan Buyu, Rabu (23/10) pagi.

Kapolres menekankan agar anggotanya dalam melaksanakan Operasi Zebra Seligi 2019 selalu mengedepankan keselamatan dan keamanan.

“Berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum melaksanakan operasi,” kata ia mengingatkan.

Selain itu, Kapolres juga menegaskan kepada anggotanya untuk menghindari perilaku kontraproduktif yang dapat merugikan masyarakat.

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Rendy Johan Prasetyo mengatakan, operasi ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengendara sehingga terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas.

Disebutkannya ada beberapa pelanggaran yang menjadi prioritas untuk penindakan. Diantaranya tidak menggenakan helm SNI, tidak memasang safety belt, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus, pengendara di bawah umur dan mabuk serta mengendarai melebihi batas kecepatan wajar.

“Kita mengutamakan penindakan, 80 persen tindakan tilang sedangkan 20 persen tindakan berupa teguran,” kata ia.

Selain itu, disebutkannya ada beberapa titik yang menjadi sorotan operasi. Antara lain jalan Merdeka dan jalan Permaisuri Tanjunguban, jalan Kilometer 16 Toapaya, jalan nusantara Kilometer 23 Kijang, Simpang Lagoi, Simpang Teluk Sasah dekat Pos I Lobam dan Jalan Lintas Barat.

Terakhir ia mengimbau agar masyarakat untuk mematuhi tata tertib lalu lintas dan mengutamakan alat keselamatan serta melengkapi surat-surat berkendara. (met)