Metro Bintan

PT BRC Berikan Beasiswa dan Bantuan Pendidikan ke 713 Siswa

Plt Gubernur Kepri, Isdianto bersama Vice President Director PT BRC, Frans Gunara mengenakan pin kepada siswa penyandang disabilitas yang menerima bantuan dari PT. BRC di Marquee  Bintan Lagoon Resort (BLR), Kawasan Wisata Bintan Resorts Lagoi, Rabu (23/10). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – PT Bintan Resor Cakrawala (BRC) kembali menyerahkan  beasiswa dan bantuan pendidikan dalam acara “Bursary, Scholarship and Excellence Awards Bintan Resort Peduli Pendidikan” pada Rabu (23/10) siang.

Penyerahan beasiswa dan bantuan pendidikan berlangsung di Marquee  Bintan Lagoon Resort (BLR), Kawasan Wisata Bintan Resorts Lagoi.

Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto dan Vice  President Director PT BRC Frans Gunara membuka acara ini.

Turut menghadiri Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab, GM Admin and Finance PT BRC, Hebron Habeahan dan GM Operations PT BRC, Prakash Nair serta GM Bintan Lagoon Resort, Gerald A Hendrick dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Wan Rudy Iskandar serta Asisten Setdakab Bintan Kartini.

GM Admin and Finance PT BRC, Hebron Habeahan mengatakan, bangsa yang kuat mesti disokong pendidikan yang baik agar bisa bersaing dengan dunia luar.

Demikian pula, masyarakat yang memiliki pendidikan yang lebih baik maka akan menciptakan masyarakat yang madani.

Oleh karena itu, PT BRC melihat pentingnya pendidikan.

Hebron mengatakan, beasiswa dan bantuan pendidikan sudah menjadi program utama sejak tahun 1998. Di awalnya, program ini sebatas memberikan beasiswa dan bantuan pendidikan ke siswa SD dan SMP. Sejalan waktu, beasiswa dan bantuan pendidikan juga diberikan untuk SMA dan mahasiswa di perguruan tinggi.

Ia juga mengatakan, sejak awal diberikan, sudah ada sekitar 12.328 siswa menerima beasiswa dan bantuan pendidikan. Sedangkan mahasiswa sekitar 408 orang baik yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

Untuk tahun ini, Hebron menyebut, ada 713 orang siswa menerima beasiswa dan bantuan pendidikan dengan rincian 439 siswa mendapat beasiswa karena berprestasi dan 270 siswa menerima bantuan pendidikan dari keluarga pra sejahtera.

Para penerima beasiswa dan bantuan pendidikan ini mendapatkan paket berupa tas, kebutuhan sekolah seperti buku, alat tulis, seragam, sepatu dan subsidi uang SPP bagi siswa SMA.

Tak lupa ia mengucapkan terima kasih kepada perusahaan yang telah peduli terhadap acara ini. Selain PT. BRC tentunya, lalu PT. Buana Megawisatama, Holiday Villa, Batam Bintan Telekomunikasi, Bintan Lagoon Resort, Polo dan Nirwana Gardens.

Foto bersama Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Vice President Director PT BRC, Frans Gunara dengan siswa penerima beasiswa dan bantuan pendidikan di Marquee  Bintan Lagoon Resort (BLR), Kawasan Wisata Bintan Resorts Lagoi. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

“Terima kasih sudah ikut berpartisipasi pada tahun ini. Kerja sama yang baik dapat terus ditingkatkan pada tahun mendatang,” kata ia.

Di akhir sambutannya, ia menyampaikan, yang membedakan acara penyerahan beasiswa dan bantuan pendidikan tahun ini bahwa PT BRC menghadirkan program baru dalam acara ini bernama pemberdayaan terhadap menyandang disabilitas.

“Jalinan kasih Bintan Resort berupa beasiswa untuk para penyandang disabilitas,” kata ia.

Sama seperti yang lainnya, menurut ia, penyandang disabilitas juga akan mendapatkan beasiswa untuk meningkatkan kompetensi. Para penyandang disabilitas juga akan mendapat kesempatan yang sama dengan lainnya diantaranya pelatihan magang sehingga mereka siap terjun ke dunia industri.

“Kita juga berikan  bimbingan wirausaha, agar mereka bisa menghasilkan sesuatu untuk dipasarkan,” kata ia.

Plt Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto mengatakan, tidak ada pilihan lain untuk memajukan suatu daerah selain pendidikan. Karena kunci daerah maju ialah sumber daya manusianya yang berkualitas.

Adik mendiang Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani ini mengatakan bahwa APBD Kepulauan Riau tidak terlalu besar  sehinggapemerintah tidak bisa mengapai cita-cita daerah sendiri melainkan diperlukan kebersamaan dan sokongan pihak swasta.

“Hari ini saya berterima kasih kepada Pak Frans dan jajaran perusahaan yang telah peduli akan pendidikan kita,” kata ia.

Ia merasa optimis cita-cita Kepri maju dengan sumber daya manusia yang berkualitas bila hadir kolaborasi yang baik antara pemerintah dan swasta serta masyarakat.

“Saya minta kepada Pak Frans agar program ini dilanjutkan terus,” kata ia.

Kepada siswa menerima beasiswa dan bantuan pendidikan, ia meminta untuk bersungguh-sungguh belajar. Dan kepada orangtua untuk terus memberikan motivasi ke anaknya.

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Kepri, Isdianto didampingi Frans Gunara dan Kartini menyerahkan pin penerima bantuan pendidikan untuk anak-anak penyang disabilitas. Para pejabat itu juga foto bersama 713 orang siswa penerima beasiswa maupun bantuan pendidikan. (met)