Metro Bintan

Siapkan Dana Rp 217 Juta, Disdukcapil Buka Pos Pelayanan Adminduk di Bintan Buyu

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bintan, Muttaqin. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Tahun mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bintan mendapat suntikan dana bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp 217 juta.

Dana itu akan dipergunakan untuk kepentingan di pos pelayanan administrasi dan kependudukan (adminduk) yang menurut rencana akan dibuka di salah satu kantor di Kompleks Perkantoran Bupati Bintan Bintan Buyu pada tahun 2020.

Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bintan, Muttaqin mengatakan, tahun depan, Disdukcapil mendapat anggaran sekitar Rp 217 dari DAK sehingga anggaran di Disdukcapil Bintan pada 2020 menjadi sekitar Rp 8,3 miliar.

“Iya menurut rencananya, Disduk akan membuka pos pelayanan adminduk di kantor yang pernah ditempati Satpol PP,” kata ia.

Pos pelayanan adminduk ini menurut ia, untuk memudahkan pelayanan adminduk masyarakat di Kecamatan Bintan Utara, Seri Kuala Lobam dan Teluk Sebong.

“Dibukanya pos ini akan membantu masyarakat yang mau mengurus administrasi kependudukan tidak jauh lagi harus ke Tanjungpinang,” kata ia.

Selain itu, Disdukcapil Bintan menurut ia akan memberikan pelayanan langsung di RSUD Bintan yang ada di Kijang.

Pelayanan ini berupa pengurusan akta kelahiran anak. Sehingga warga yang melahirkan di rumah sakit pelat merah itu akan langsung mendapatkan pelayanan tersebut.

“Alatnya telah tersedia. Tinggal anggaran untuk pemeliharan saja,” kata ia. (met)