Olahraga

Ujung Kepastian Duo Clasico

ilustrasi

PRO BINTAN – Bukan hanya matchday ketiga fase grup Liga Champions yang menyita perhatian pencinta sepak bola. Sebab, ada duo Clasico yang juga ikut meramaikan; El Clasico antara Barcelona dan Real Madrid di La Liga serta Superclasico antara Boca Juniors dan River Plate pada second leg semifinal Copa Libertadores.

Untuk El Clasico, Komite Kompetisi memutuskan bahwa tanggal baru pengganti El Clasico pada jornada kesepuluh La Liga adalah 18 Desember 2019. Baik Barca dan Real sudah setuju dengan hal itu.

Sebelumnya, jadwal awal laga yang dihelat di Camp Nou itu digeber 26 Oktober 2019. Tetapi, krisis politik yang terjadi di Catalan membuat El Clasico edisi ke-276 itu ditunda.

Tetapi, La Liga tidak setuju dengan keputusan Komite Kompetisi mengenai tanggal baru El Clasico. Sebab, 18 Desember 2019 rencananya bertepatan dengan 32 besar Copa del Rey.

Sedangkan usul La Liga adalah 4 Desember 2019 yang sama-sama bertepatan pada hari Rabu. Kemungkinan Barca-Real kurang seuju dengan usulan tersebut karena sepekan berselang merupakan matchday pemungkas fase grup Liga Champions. Keduanya lebih memprioritaskan penundaan agenda di Copa del Rey daripada Liga Champions yang jadi target utama.

“Mereka (La Liga, Red) sedang mempelajari dokumentasi yang baru diterima (mengenai penentuan El Clasico pada 18 Desember 2019, Red) untuk kemudian menempuh tindakan hukum yang dapat diajukan. La Liga yakin bahwa keputusan itu terjadi karena kurangnya referensi aturan hukum beberapa dokumen yang tidak berdasarkan ketentuan La Liga,” tulis Marca. “Saya tidak suka perang internal antara federasi dan La Liga mempengaruhi kami (untuk El Clasico, Red). Saya ingin El Clasico yang normal,” timpal entrenador Barca Ernesto Valverde.

Untuk Superclasico, River Plate masih superior daripada Boca di ajang Copa Libertadores. Buktinya, tim asuhan Marcelo Gallardo itu melenggang ke partai puncak meski kemarin kalah 0-1 dari Boca pada second leg Liga Champions-nya Amerika Selatan itu di La Bombonera. Sebab, pada first leg yang dihelat di home base River Plate di El Monumental, mereka menang dua gol tanpa balas (1/10). Meski, laga kemarin sempat ditunda 15 menit karena banjir kertas yang masuk lapangan.

Hasil itu seolah ulangan hasil yang diraih Los Millinarios–julukan River Plate–tahun lalu. Kala itu, mereka menjuarai Copa Libertadores setelah mengalahkan Boca di laga final dengan agregat 5-3. Pertemuan tahun lalu di final Copa Libertadores merupakan yang pertama bagi keduanya sepanjang sejarah. Di final yang rencananya dihelat pada 23 November 2019, River Plate menunggu pemenang yang juga melibatkan tim satu negara, yakni Gremio dan Flamengo.

“Itu (Superclasico, Red) pertempuran. Dan, kami berhasil meraih hasil sesuai keinginan untuk laga derbi (Superclasico, Red),” ucap gelandang River Plate Exequiel Palacios kepada BBC. (io)