Pariwisata

Wisata Religi Budha Tidur di Vihara Dharma Shanti Tanjunguban

Budha tidur di Vihara Dharma Shanti Tanjunguban menjadi objek wisata religi baru di Pulau Bintan. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Bicara objek wisata di Kepulauan Riau tidak ada habisnya.

Selain wisata pantai, di Kepulauan Riau juga terkenal dengan wisata religi.

Selain Pulau Penyengat yang terkenal dengan event Festival Pulau Penyengat, lalu Vihara Patung Seribu di Pulau Bintan dan wisata patung dua laksamana di kawasan wisata Lagoi.

Kini wisatawan kembali dimanjakan dengan wisata religi budha tidur.

Budha tidur di Vihara Dharma Shanti Tanjunguban. F.Agus Siswanto untuk Batam Pos.

Tidak perlu jauh-jauh ke Thailand, wisatawan bisa mengunjunginya di Kepulauan Riau. Tepatnya di Vihara Dharma Shanti di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara Kabupaten Bintan.

Untuk menuju ke lokasi wisata religi ini, wisatawan bisa melalui Batam dengan berangkat dari Telagapunggur, Batam menaiki speedboat ke Pelabuhan Bulang Linggi, Tanjunguban.

Hanya menempuh 15 sampai 20 menit, wisatawan sudah tiba di Tanjunguban.

Kemudian wisatawan bisa memanfaatkan jasa ojek yang biasa mangkal di pelabuhan dengan ongkos Rp 10 sampai Rp 15 ribu.

Patung budha tidur menjadi objek wisata religi di Vihara Dharma Shanti, Tanjunguban, Kamis (24/10). F.Slamet Nofasusanto/Batam Pos.

Patung setinggi 16,8 meter dengan tinggi hampir 4 meter ini berada di bagian belakang atas vihara. Patung budha tidur ini baru selesai dibangun oleh tangan seniman asal Banyuwangi, Dedi Purnomo.

Bapak satu anak ini menyelesaikan patung budha tidur dalam waktu 4 bulan. Lelaki yang pernah mengenyam kuliah jurusan pendidikan agama budha ini mengatakan, patung budha meditasi ini dibangun dalam posisi tidur.

“Ini belum selesai semua. Kalau selesai semua, karya seni ini mengisahkan riwayat budha,” kata ia ditemui di lokasi.

Patung budha tidur menjadi objek wisata religi di Vihara Dharma Shanti, Tanjunguban, Kamis (24/10). F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

Ketua Pengawas Vihara Dharma Shanti Tanjunguban, Anthoni Han mengatakan, pekerjaan patung budha lagi meditasi dalam posisi tidur sebenarnya belum selesai dikerjakan.

“Patung budha meditasi lagi posisi tidur sudah selesai, namun patung lainnya belum selesai,” kata ia.

Ia mengatakan keberadaan patung budha meditasi dalam posisi tidur ini untuk kegiatan keagamaan umat budha selain menambah objek wisata religi di Pulau Bintan. (met)