Kabar Pemkab

1.000 Pemuda Bintan Kirab Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter

Pejabat Pemkab Bintan, petinggi TNI dan Polri di Bintan ikut kirab gelora kebangsaan, Sabtu (26/10). F.Polres Bintan untuk Batam Pos.

PRO BINTAN – Sedikitnya 1.000 pemuda Bintan bersama pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan, unsur Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Bintan dan Kepolisian Resor (Polres) Bintan melakukan kirab sambil membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter di jalan raya.

Kirab gelora kebangsaan dengan mengangkat tema “Bersatu Kita Maju” yang diinisiasi Polres Bintan dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober berlangsung di jalan utama di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara pada Sabtu (26/10).

Kapolres Bintan, AKBP Boy Herlambang mengatakan, kirab gelora kebangsaan dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter merupakan kali pertama dilaksanakan di Bintan.

Kegiatan ini menurut ia, selain menyambut Hari Sumpah Pemuda juga menyemangati para pemuda yang ikut dalam kirab kali ini, umumnya pelajar di Kabupaten Bintan untuk bersatupadu dan maju bersama membangun negeri.

Ia mengatakan, kegiatan diawali kirab dengan berjalan kaki sembari membentangkan bendera merah putih dengan panjang 100 meter.

Kegiatan ini dilepas Kafhasarkan Mentigi TNI AL, Kolonel Laut (T) Mulyatna di Pelabuhan ASDP Tanjunguban.

Adapun rute dilalui dari Pelabuhan ASDP, Jalan Yos Sudarso, Jalan Merdeka serta Finish di Gedung Nasional Tanjunguban.

Pemuda Bintan saat mengikuti kirab gelora kebangsaan yang dilepas Kafasharkan TNI AL Mentigi di Pelabuhan ASDP Tanjunguban, Sabtu (26/10). F.Polres Bintan untuk Batam Pos.

Kafasharkan Mentigi TNI AL, Kolonel Laut (T) Mulyatna mengucapkan terima kasih partisipasi semua pihak dan Kapolres Bintan yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan ini.

Ia mengajak semua pihak menjadikan kegiatan ini sebagai sarana untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dengan medsos yang sangat tren pada saat ini.

Ia juga ingat bahwa pada 91 tahun yang lalu Indonesia belum merdeka masih bersifat persukuan seperti yong java, yong Sumatra, yong borneo, dan lainnya akan tetapi pemuda pada saat itu sudah sangat solid.

“Kita jangan sampai terpengaruh dengan adanya berita hoax dan hatespeech yang dapat memecah belah suku dan pemuda khususnya masyarakat Kabupaten Bintan,” kata ia.

Turut hadir Asisten Administrasi Pemerintahan Sekda Kabupaten Bintan Mohd Setioso, Kasdim 0315 Bintan, Letkol Horas, Dansatrad 213 Bintan, Mayor Hari Eka dan Danramil Bintan Utara Kapten Prabowo serta Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Bintan Hasfi Handra.

Setibanya di Gedung Nasional, Tanjunguban kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi bersama pemuda Bintan dan senam bersama serta ditutup pembagian door prize dan hiburan orgen tunggal. (met)