Metro Bintan

Ibu-ibu Warga Toapaya Asri Panen Sayuran Hidroponik

Seorang ibu memanen perdana sayuran hidroponik, Sabtu (2/11) yang ditanam akhir September lalu. F.Slamet Nofasusanto / Batam Pos.

PRO BINTAN – Ibu-ibu yang tergabung dalam PKK Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya, Bintan mulai panen sayuran hidroponik, Sabtu (2/11) pagi.

Ketua TP PKK Kelurahan Toapaya Asri, Yulia Larasati mengaku sangat senang sayuran yang ditanam pada akhir September lalu sudah bisa dipanen.

“Alhamdulillah sayuran yang kita tanam melalui pelatihan menanam sayuran hidroponik pada akhir September lalu sudah mulai dipanen,” kata ia.

Menurut ia, menanam sayuran dengan sistem pertanian modern hidroponik sangat sehat hasilnya karena sayuran yang ditanam tidak menggunakan pestisida.

Selain itu menurut dia, menanam dengan cara hidroponik juga mengasikkan karena dapat mengisi waktu senggang ibu-ibu yang rata-rata ibu rumah tangga dengan kegiatan positif.

“Menanam hidroponik juga bisa dilakukan ibu-ibu yang hobi bercocok tanaman tanpa harus kotor-kotoran,” kata ia.

Kedepan ia akan mendorong ibu-ibu di PKK dan ibu rumah  tangga yang ada di Kelurahan  Toapaya Asri untuk menanam sayuran hidroponik.

“Selain mudah, keluarga akan mendapatkan pangan yang sehat tanpa zat kimia,” kata ia.

Lurah Toapaya Asri, Nepy Purwanto mengharapkan pelatihan bercocok tanam dengan sistem hidroponik dapat dikembangkan di ibu-ibu yang ada di Kelurahan Toapaya Asri.

“Saya berharap ini menjadi modal bagi ibu PKK untuk mandiri ke depannya. Selain dapat meningkatkan ekonomi keluarga, menanam¬† hidroponik menghasilkan sayuran yang sehat karena tidak menggunakan pestisida,” kata ia. (met)